PENGARUH PEMASARAN DIRECT SELLING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SEGMEN GENERAL TRADE DI PT XYZ

Abstract

Direct selling melibatkan proses mengkomunikasikan produk dan kemampuan sales force dalam membangun kepercayaan, memenuhi permintaan khusus, mengantisipasi keinginan pelanggan, melakukan penawaran agar pembeli memiliki ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan. Direct selling memiliki peran yang besar terhadap minat beli konsumen, dimana persepsi konsumen terhadap sales force termasuk dengan kemampuannya telah mempengaruhi niat konsumen untuk melakukan pembelian atau yang disebut dengan minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui direct selling dan minat beli konsumen segmen general trade di PT XYZ serta mengetahui pengaruh pemasaran direct selling terhadap minat beli konsumen segmen general trade di PT XYZ. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linear sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran direct selling pada segmen general trade di PT XYZ dikatakan baik dilihat dari kemampuan komunikasi, pengetahuan produk, kreativitas, dan empati dalam melakukan penawaran dan penjualan secara langsung, minat beli konsumen segmen general trade di PT XYZ dikatakan baik dilihat dari perhatian, ketertarikan, keinginan, dan tindakan konsumen segmen general trade terhadap penawaran dan penjualan secara langsung. Didapatkan bahwa adanya pengaruh positif antara direct selling terhadap minat beli konsumen segmen general trade di PT XYZ. Hal ini dikarenakan minat beli konsumen dalam segmen general trade di PT XYZ ini dipengaruhi oleh kemampuan sales force dan hubungan antar personal antara pembeli dan penjual dalam menawarkan dan melakukan penjualan secara langsung atau direct selling.

Description

Keywords

Pemasaran, Direct Selling, Minat Beli

Citation

Collections