PENGARUH KOMUNIKASI VERTIKAL OLEH MANAJER PELAYANAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA UNIT PELAYANAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP II BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2013-07-31
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Komunikasi Vertikal Oleh
Manajer Pelayanan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Unit Pelayanan PT
Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung†. Latar belakang penulisan
skripsi ini didasarkan pada observasi awal yang mengindikasikan efektivitas kerja
pegawai pada Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II
Bandung masih belum efektif. Hal ini ditunjukan dengan masih kurangnya hasil
kerja pegawai yang tidak sesuai dengan mutu pekerjaan dan keterlambatan dalam
menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Penulis
menduga hal tersebut terjadi karena belum optimalnya pelaksanaan komunikasi
vertikal di Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh Komunikasi Vertikal Oleh Manajer Pelayanan Terhadap Efektivitas
Kerja Pegawai Pada Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II
Bandung yang diukur melalui strategi komunikasi yang efektif yang dikemukakan
oleh Anwar Arrifin yang terdiri dari empat dimensi yaitu mengenal komunikan,
menyusun pesan, menetapkan metode serta yang terakhir adalah seleksi dan
penggunaan media. Sedangkan untuk mengukur tingkat efektivitas kerja pegawai,
menggunakan dimensi yang dikemukakan oleh Agus Dharma yaitu kuantitas,
kualitas dan ketepatan waktu.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian eksplanasi. Dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan
dan studi lapangan (observasi, wawancara, dan angket). Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik sensus dengan jumlah responden 27 orang. Untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi vertikal terhadap efektifitas
kerja pegawai, penulis menggunakan Koefisian Korelasi Rank Spearman.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi vertikal yang dilakukan
oleh manajer pelayanan berada pada kategori baik dimana tingkat komunikasi
yang dilakukan manajer pelayanan terhadap pegawainya sudah dikatakan cukup
baik berdasarkan dimesi komunikasi vertikal. Efektivitas kerja pegawai pada Unit
Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung sudah berada
pada kategori baik.
Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan sebelumnya, penulis mengambil kesimpulan bahwa komunikasi
vertikal memberikan pengaruh yang kuat terhadap efektivitas kerja pegawai PT
Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung.
Description
Keywords
PENGARUH KOMUNIKASI, Tidak ada keyword, Tidak ada keyword