Proses Pelayanan Arsip Inaktif di Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (PERSERO) Kota Bandung
No Thumbnail Available
Date
2023-09-14
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses
penggunaan atau pelayanan arsip inaktif dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang diterapkan adalah
wawancara, dokumentasi dan observasi. Objek penelitian adalah Kantor Pusat PT.
Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada 5 (lima) aspek proses penggunaan atau
pelayanan arsip di Kantor Pusat PT.Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung, pada
bagian Tata Kelola Administrasi. Dalam beberapa aspek tersebut sudah sebagain
besar sudah terlaksana, namun ditemukan masalah seperti masih adanya penumpukan
arsip inaktif di record center/pusat arsip PT.Pos Indonesia yang membuat pelayanan
arsip belum berjalan optimal karena pencarian arsip jadi terhambat oleh sulitnya
pencarian arsip. Dalam proses permintaan arsip dilakukan melalui tulisan berupa
surat, selanjutnya proses pencaria melalui daftar arsip inakif, setelah ditemukan
pokok masalah arsipya lalu diambil oleh peminjam dan di buatkan Out Indicator oleh
petugas Unit Kearsipan, setelah arsip diambil oleh peminjam lalu Out Indicator
dikendalikan oleh petugas Unit Kearsian guna mengetahui keberadaan arsip yang
dipinjam sedang ada dimana, setelah arsip digunakan sesuai fungsinya kemudian
arsip dikembalikan ke petugas Unit Keasipan di Kantor Pusat PT. Pos Indonesia
(Persero) Kota Bandung.
Description
Keywords
Arsip Inaktif, Pusat Arsip, Pelayanan Arsip