PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA DIVISI HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT KANTOR PUSAT PT. POS INDONESIA (PERSERO) SKRIPSI

Abstract

ABSTRAK PT Pos adalah perusahaan perintis jasa pengiriman yang menyediakan layanan pengiriman surat dan paket, jasa keuangan, dan logistik. Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) yang berada di jalan Cilaki No.73 Bandung 40115, Indonesia merupakan kantor pusat PT Pos se-Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan karyawan Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) mengenai pelaksanaan karakteristik pekerjaan dan pengaruhnya terhadap organizational citizenship behaviour pada divisi Human Resources Developmen Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero). Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah eksplanasi asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi nonpartisipan, wawancara tidak terstruktur, dan kuesioner. Teknik pengambilan sempel menggunakan sampling jenuh atau sensus, jumlah sampel yang akan diambil adalah seluruh dari populasi yang ada yaitu 74 orang karyawan Human Resources Development Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) sebagai responden. Rencana analisis data yang penulis gunakan adalah koefisien korelasi product moment pearson, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi pearson sebesar 0,617 menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat antara Karakteristik Pekerjaan Dengan Organizational Citizenship Behaviour pada Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero). Sedangkan koefisien determinasi sebesar 38,1% dan termasuk kedalam kategori pengaruh yang cukup berarti, yang menunjukan bahwa nilai 38,1% dari variabel Organizational Citizenship Behaviour dipengaruhi oleh variabel Karakteristik Pekerjaan sedangkan sisanya sebesar 61,9% Organizational Citizenship Behaviour dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini, diketahui bahwa pelaksanaan karakteristik pekerjaan dan perilaku organizational citizenship behaviour pada Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (persero) secara umum dikategorikan baik. Namun ada beberapa hal yang dalam pelaksanaannya masih belum optimal, maka penulis menyarankan kepada pihak perusahaan untuk selalu meningkatkan pelaksanaan karakteristik pekerjaan yang ada dengan secara baik dan benar serta diterapkan se-optimal mungkin agar perilaku organizational citizenship behavour tersebut dapat terbentuk, diantaranya dengan memberikan perhatian lebih dan memberi pengarahan kepada apapun yang dikerjakan oleh karyawan, mampu memberikan kebebasan kepada karyawan dalam mengemukakan pendapatnya atau ideide/ gagasan, sehingga sikap inisiatif karyawan dapat terbentuk dan juga perusahaan harus mampu meningkatkan pengawasan terhadap karyawan dan memberi dukungan penuh pada karyawan sehingga karyawan dapat bekerja dengan optimal.

Description

Keywords

PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN, Tidak ada keyword, Tidak ada keyword

Citation