Pengaruh Brand Familiarity Terhadap Purchase Intention Konsumen Brand Handphone Oppo (Survey Pada Pembeli Di Gerai Resmi Bandung Electronic Center)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi dari brand familiarity pada Oppo dan purchase intention pada Oppo. Serta melihat pengaruh dari brand familiarity terhadap purchase intention pada brand Oppo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, studi pustaka, wawancara, dan observasi. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dan verifikatif. Untuk menentukan sampel digunakan probability sampling dengan rumus Slovin yang didapatkan 84 responden untuk memenuhi penelitian ini. Tekhnik pengolahan data yaitu Editing, Koding, dan Tabulasi dengan analisis data menggunakan skala likert. Mendapatkan hasil ada pengaruh antara variable peneliti menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian dari analisis data dan pengolahan data diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 30,8%, yang berarti bahwa Purchase Intention (Y) sebesar 30,8% ditentukan oleh brand Familiarity (X). Pengujian statistik F diperoleh nilai F hitung adalah sebesar 36,442 dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Pengujian akan menolak Ho jika p-value ttabel (1,989). Maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Brand Familiarity (X) memiliki pengaruh yang signifikan yang nyata terhadap Purchase Intention (Y) konsumen brand handphone Oppo di gerai resmi bandung electronic center. Sebaiknya Oppo fokus pada iklan di internet dan menjalin hubungan mutualisme dengan perusahaan lain. Supaya dapat meningkatkan brand familiarity dan memunculkan purchase intention yang lebih.

Description

Keywords

brand familiarity, purchase intention, Oppo

Citation