Penyutradaraan Video Feature-Dokumenter Observasional Pembelajaran Jarak Jauh dalam Perspektif Guru, Siswa, dan Orangtua

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ merupakan salah satu usaha Pemerintah Indonesia untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan sekolah. Pada pelaksanaanya, PJJ melibatkan tiga pihak utama, yaitu guru, siswa, dan orangtua. Karya tugas akhir ini membahas tentang penyutradaraan sebuah video feature-dokumenter yang mengangkat topik PJJ, berisikan wawancara kepada tiga narasumber yang merupakan guru, siswa, dan orangtua tentang perspektif masing-masing mengenai PJJ. Karya tugas akhir ini menjabarkan peran sutradara dan tahapan penciptaan video feature-dokumenter. Video feature-dokumenter ini menggunakan gaya observasional, dimana alur dokumenter berfokus pada dialog narasumber dan sutradara menjadi pengamat. Data primer yang digunakan adalah hasil dari wawancara narasumber dan data sekunder yang digunakan yaitu hasil survei yang berasal dari dua lembaga survei nasional dan berita-berita mengenai PJJ dari media nasional. Adapun tiga tahapan penciptaan video feature-dokumenter ini, yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahap pra produksi berfokus pada pematangan ide, riset, perancangan outline, perancangan script, dan pembuatan treatment. Pada tahap produksi, dilakukan proses wawancara dengan narasumber dan pembuatan desain assets. Tahap terakhir yaitu pasca produksi, dilakukan proses editing. Terdapat dua proses editing, yaitu editing offline dan editing online. Karya ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada penonton tentang bagaimana PJJ terlaksana dan bagaimana pengalaman guru, siswa, dan orangtua melaksanakan PJJ.

Description

Keywords

penyutradaraan, video, feature-dokumenter

Citation