Hubungan Perilaku Pencarian Informasi pada Youtube Channel Self Improvement dengan Perubahan Perilaku Mahasiswa
No Thumbnail Available
Date
2023-01-25
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan Youtube sebagai salah satu media pemulihan (healing) mahasiswa untuk bangkit melawan masa quarterlife crisis. Usia mahasiswa rentan terserang masa quarterlife crisis. Beberapa perubahan yang muncul ketika mahasiswa mengalami quarterlife crisis yakni muncul rasa gelisah, tidak percaya diri, dan perasaan emosional lainnya. Sehingga diperlukan cara untuk dapat melewatinya dengan baik, dan Youtube Channel Self Improvement menjadi salah satu media yang dapat membantu mahasiswa keluar dari quarterlife crisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement dengan perubahan perilaku mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan analisis Chi-square, dan analisis Pearson Product Moment. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Strata 1 (S1) angkatan 2016 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dengan size of sample (n) 231 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan signifikan dengan perubahan perilaku mahasiswa. Tahap inisiasi perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan perilaku. Tahap seleksi perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan perilaku. Tahap eksplorasi perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan perilaku. Tahap formulasi perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan perilaku. Tahap koleksi perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan perilaku. Tahap presentasi perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan yang signifikan dengan perubahan perilaku. Kesimpulan yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan yakni perilaku pencarian informasi pada Youtube Channel Self Improvement memiliki hubungan signifikan dengan perubahan perilaku di kalangan mahasiswa.
Description
Keywords
Perilaku Pencarian Informasi, Quarterlife Crisis, Youtube Channel