HUBUNGAN AKSES INFORMASI DIGITAL DENGAN KEBUTUHAN PROFESI GURU (Studi Korelasi Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi DKI Jakarta)
No Thumbnail Available
Date
2020-08-31
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini membahas tentang hubungan antara kebutuhan profesi guru dengan akses informasi digital yang dilakukan oleh profesi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan kebutuhan profesi guru dengan akses informasi digital pada profesi guru SMK melalui empat bidang kebutuhan profesi guru yakni pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner pada 352 orang responden dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis uji korelasi menggunakan Pearson Product Moment dengan SPSS 25 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan profesi guru memiliki hubungan signifikan dengan akses informasi digitalnya. Kebutuhan pedagogik profesi guru memiliki hubungan signifikan dengan akses informasi digital. Kebutuhan kepribadian profesi guru memiliki hubungan signifikan dengan akses informasi digital. Kebutuhan profesional profesi guru memiliki hubungan signifikan dengan akses informasi digital. Dan kebutuhan sosial profesi guru memiliki hubungan signifikan dengan akses informasi digital
Description
Keywords
Kebutuhan profesi guru, akses informasi digital, guru sekolah menengah kejuruan