Strategi Promosi di Jogja Library Center: Penelitian Kualitatif Manajemen Strategi Promosi di Jogja Library Center
No Thumbnail Available
Date
2022-09-15
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai proses manajemen strategi pada penyusunan strategi promosi perpustakaan dengan objek utama adalah Jogja Library Center. Tujuan dari penelitian pada Jogja Library Center adalah untuk mengetahui proses kegiatan manajemen strategi yang meliputi analisis dan identifikasi lingkungan, penyusunan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian strategi oleh perpustakaan. Dalam penelitian ini peneliti akan berfokus pada proses manajemen strategi promosi, serta menganalisa pelaksanaan dan masalah yang muncul selama pelaksanaan kegiatan promosi di perpustakaan. Dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa Jogja Library Center melaksanakan proses penyusunan strategi melalui 4 langkah, yaitu menganalisa dan mengidentifikasi lingkungan, menyusun strategi promosi, mengimplementasi strategi promosi, serta mengevaluasi dan mengendalikan strategi promosi di perpustakaan. Adapun masalah yang muncul selama kegiatan promosi berkaitan dengan belum ditentukannya target dan segmentasi pasar, belum adanya kegiatan yang bersifat terbuka di halaman perpustakaan, dan kurangnya intensitas dalam mengunggah konten di media sosial. Dengan munculnya masalah ini maka peneliti memberikan saran terkait penentuan target dan pelaksanaan segmentasi pasar, pengadaan kegiatan yang dapat menarik perhatian wisatawan di jalan Malioboro, dan penambahan intensitas dalam pembuatan konten khusus Jogja Library Center di media sosial Balai Layanan Perpustakaan DIY.
Description
Keywords
Jogja Library Center, Manajemen Strategi, Promosi Perpustakaan.