UPAYA PUSTAKAWAN DALAM PROGRAM PENGUATAN LITERASI UNTUK KALANGAN ANAK-ANAK (Studi Kasus pada Perpustakaan Archivelago di Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis upaya pustakawan dalam pelaksanaan program penguatan literasi untuk kalangan anak-anak di Perpustakaan Archivelago dalam meningkatkan literasi tentang kelautan dan perikanan. Program literasi ini dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022, sesuai amanah dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER. 08/PERMEN-KP/2014 dan merujuk pada Peraturan Perpustakaan Nasional RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Perpustakaan Khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek atau narasumber dalam penelitian ini yaitu Kepala Perpustakaan Archipelago, pustakawan, siswa dan guru dari Kelompok Bermain Terpadu Bunayya. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan berupaya secara strategis mencakup perencanaan program berdasarkan sasaran kinerja karyawan dan kerangka acuan kerja kegiatan edukasi dan literasi sektor kelautan dan perikanan, yang menjadi rujukan untuk keperluan koordinasi dengan berbagai pihak dan pelaksanaan program yang memanfaatkan sumber daya berupa sumber daya manusia, anggaran, dan segala fasilitas yang dimiliki Perpustakaan Archivelago. Adapun manfaat program ini dirasakan oleh anak-anak, perpustakaan, hingga pustakawan. Upaya lainnya yang dilakukan pustakawan yaitu monitoring dan evaluasi untuk mengidentifikasi dan mengatasi faktor-faktor yang menjadi penghambat, serta berupaya dalam melakukan berbagai upaya agar program penguatan literasi ini berlanjut dan semakin meluas.

Description

Keywords

program literasi, perpustakaan archivelago, literasi kelautan dan perikanan

Citation