Representasi Adegan Bullying di Sekolah Korea Selatan dalam Serial Animasi Lookism
No Thumbnail Available
Date
2024-02-05
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Elsie Audrie Ginting, 210410200007, Skripsi, 2024. “Representasi Adegan Bullying di Sekolah Korea Selatan dalam Serial Animasi Lookism”, pembimbing utama Dr. Aceng Abdullah, M.Si. dan pembimbing pendamping Jimi Narotama Mahameruaji, S.Sos., M.Si., Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Serial animasi Lookism merupakan serial animasi Netflix yang berasal dari Korea Selatan, yang mengisahkan seorang remaja yang menjalani kehidupan ganda dengan bergantian menggunakan dua tubuh. Serial animasi ini juga mengangkat isu bullying yang merupakan permasalahan sosial yang sedang marak terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi adegan bullying di sekolah Korea Selatan dalam serial animasi ini dengan menerapkan metode analisis semiotika John Fiske menggunakan tiga level, yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan penampilan, gesture, perilaku, hingga cara bicara antara korban dengan pelaku bullying pada level realitas. Pada level representasi menggambarkan bentuk bullying verbal dan fisik merupakan bentuk bullying yang paling banyak digunakan oleh pelaku bullying, serta ruang kelas merupakan tempat yang sering terjadi aksi bullying di sekolah. Pada level ideologi, terdapat ideologi kelas dan individualisme dalam adegan bullying serial animasi
Lookism yang ditampilkan melalui perilaku pelaku bullying dan perbedaan kelas sosial antara pelaku dan korban bullying, yang dapat menjadi faktor terjadinya bullying di sekolah.
Description
Keywords
Representasi, Bullying, Sekolah