Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Pada Kelompok Siswa : A Narrative Review
No Thumbnail Available
Date
2023-05-19
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Kesiapsiagaan bencana sangatlah penting untuk diberikan ataupun dipelajari sedini mungkin oleh kelompok siswa, dalam menunjang suatu proses keberhasilan pada terbentuknya kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana, dibutuhkannya sebuah metode pembelajaran yang efektif seperti metode simulasi. Tujuan dari studi literatur ini untuk mengetahui gambaran metode simulasi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana pada kelompok siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian literature review dengan metode narrative review. Proses pencarian artikel menggunakan Databased : PubMed, EBSCO, Scopus dan search engine Google Schoolar dengan rentang artikel 2013-2022 berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris dengan penelitian primer deskriptif, quasi eksperimental/eksperimental/RCT. Artikel yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak lima artikel.
Hasil didapatkan bahwa metode simulasi terbukti dalam peningkatan kesiapsiagaan bencana pada kelompok siswa dengan meningkatnya pengetahuan, sikap, dan kesiapsiagaan. Dalam berhasilnya sebuah metode simulasi terdapat media pembelajaran yang menunjang hasil dari pemberian metode simulasi seperti, menggunakan aplikasi game, video animasi, dan puisi, hal ini membuat siswa lebih interaktif dan nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan tenaga pengajar maupun kesehatan di bidang bencana dalam memberikan sebuah metode pembelajaran.
Description
Keywords
Siswa, Metode Simulasi, Simulasi Bencana