Persepsi Orang Tua Terhadap Pemberian Pendidikan Seksual Sejak Dini Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak : A Narrative Review
No Thumbnail Available
Date
2022-08-20
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Pendidikan seksual usia dini merupakan salah satu upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak. Pandangan orangtua yang masih menilai pemberian pendidikan seksual merupakan hal yang tabu menjadi permasalahan tersendiri ditengah maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak. Tujuan dari studi literatur ini yaitu untuk mengidentifikasi persepsi orangtua terhadap pemberian pendidikan seksual sejak dini.
Metode penelitian ini merupakan studi literatur dengan menggunakan pendekatan narrative review. Pencarian artikel menggunakan PubMed, EBSCOhost, Science Direct, dan Google Scholar dengan tahun publikasi 2012-2022 menggunakan kata kunci berbahasa Indonesia dan Inggris. Artikel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 7 artikel dengan metode penelitian studi kasus, penelitian kualitatif serta mix methode.
Hasil menunjukan sebagian orang tua memiliki persepsi bahwa pendidikan seksual itu penting dan harus diberikan kepada anak. Akan tetapi masih terdapat orang tua yang berpandangan bahwa pendidikan seksual bukan hal yang penting dan harus diberikan kepada anak usia dini melainkan pada anak yang telah memasuki usia sekolah. Selain itu, orang tua merasakan khawatir, bingung, takut dan malu dalam memberikan pendidikan seksual, dan orang tua memiliki kecenderungan menjauhi pertanyaan berkaitan dengan seksualitas, serta tanpa disadari sebagian besar orang tua telah memiliki perilaku memberikan pendidikan seksual .
Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan terkait persepsi orangtua terhadap pemberian pendidikan seksual usia dini dan sebagai tinjauan literatur yang dapat digunakan sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya.
Description
Keywords
Persepsi, Orang tua, Pendidikan seksual sejak dini