Gambaran Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran

Abstract

Prokrastinasi berhubungan dengan pemanfaatan dan pengelolaan waktu yang kurang baik, prokrastinasi dapat dinilai negatif dan positif tergantung dengan pengelolaan dan pemanfaatan waktu yang dilakukan oleh individu. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda dalam memulai atau menyelesaikan tugas-tugas akademik secara sengaja dan berulang dengan melakukan aktifitas lain yang lebih menyenangkan sehingga berakibat pada terhambatnya penyelesaian tugas. Prokrastinasi akademik dinilai sebagai suatu hal yang dapat menghambat mahasiswa dalam mencapai kesuksesan karena dapat menurunkan kualitas dan kuantitas pembelajaran, menambah tingkat stres, dan berdampak negatif dalam kehidupan mahasiswa yang akan mengakibatkan individu kehilangan waktu, kesehatan yang terganggu, dan harga diri rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prokrastinasi akademik pada mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari PSDKU Unpad Pangandaran prodi Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Keperawatan, Perikanan, dan Peternakan (n=341) yang diambil dengan teknik accidental sampling(response rate=55,6%). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara daring melalui google form dengan menggunakan kuesioner Academic Procrastination Scale-Short Form (APS-S). Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif univariat dan dikategorikan kedalam prokrastinasi rendah, sedang, dan tinggi yang disajikan dalam bentuk tabel frekuesi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan prokrastinasi akademik pada mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran dalam kategori rendah (46,3%), hal tersebut ditandai dengan hasil yang diperoleh yaitu dari 341 responden hanya 26 mahasiswa dalam kategori tinggi, 157 mahasiswa dalam kategori sedang, dan 158 mahasiswa dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa hampir dari setengah mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran melakukan prokrastinasi akademik rendah, hal itu menunjukkan mahasiswa PSDKU Unpad Pangandaran memiliki tanggung jawab dan kesadarannya sebagai mahasiswa untuk menyelesaikan tugas.Disarankan pada pihak PSDKU Unpad Pangandaran dapat mengembangkan strategi pembelajaran di bidang akademik untuk meminimalisir permasalahan prokrastinasi akademik agar mahasiswa lebih fokus dan terarah lagi. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi mengenai prokrastinasi akademik pada lingkup yang lebih luas.

Description

Keywords

Mahasiswa, prokrastinasi akademik, Tidak ada keyword

Citation