Analisis Prospek Bisnis Dan Strategi Pemasaran Ikan Koi (Cyprinus carpio) Di DKI Jakarta (Studi Kasus di Tempat Promosi Hasil Perikanan Cengkareng, Jakarta Barat)

No Thumbnail Available

Date

2009

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Abstract

ABSTRAK Allen Hirim Christianto (dibawah bimbingan: Iwang Gumilar dan Nia Kurniawati). 2015. “Analisis Prospek Bisnis Dan Strategi Pemasaran Ikan Koi (Cyprinus carpio) Di DKI Jakarta (Studi Kasus di Tempat Promosi Hasil Perikanan Cengkareng, Jakarta Barat)”. Penelitian ini bertujuan menganalisis prospek bisnis ikan koi (Cyprinus carpio) dan strategi pemasaran yang efektif di Cengkareng, Jakarta Barat. Penelitian dilakukan selama bulan Desember 2013 . Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Snow Ball Sampling. Data diperoleh dari wawancara langsung dengan 16 pedagang. Parameter yang dianalisis meliputi aspek teknis, aspek ekonomis, aspek sosial kelembagaan dan strategi pemasaran, data hasil penelitian dianalisis secara deskripsi. Penelitian ini mengamati empat pola saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran IV terdiri dari pembudidaya, pedagang besar dan konsumen yang memiliki nilai BCR: 2.07, nilai Market’s share 96,78 % dan Farmer’s share 3,3 % merupakan saluran pemasaran yang paling efisien. Strategi pemasaran yang efektif bagi para pelaku pemasaran ikan koi di TPHP Cengkareng adalah Peran aktif pemerintah dalam perencanaan produk, fleksibilitas harga, penggunaan media promosi internet dan peningkatan intensitas kegiatan pameran. Kata Kunci : ikan koi; TPHP Cengkareng; prospek bisnis; strategi pemasaran

Description

Keywords

ikan koi, TPHP Cengkareng, prospek bisnis

Citation

Collections