PENGARUH KUALITAS LAYANAN CERITA BANDUNG TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN WISATAWAN DALAM PRODUK JALANIN AJA

Abstract

Agen tour pariwisata melakukan inovasi pada produk wisatanya agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Cerita Bandung sebagai agen tour yang memiliki produk walking tour berinovasi dengan merambah trekking tour yang diberi nama Jalanin Aja. Untuk melihat keberhasilan produk ini, diperlukan analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan wisatawan. Dari 500 wisatawan yang ikut produk Jalanin Aja, digunakan 205 sampel untuk mengisi kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara analisis jalur regresi menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan Cerita Bandung dalam menghadirkan Jalanin Aja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan melalui kepuasan wisatawan sebesar 57,1 persen. Sedangkan 41,9 persen lainnya merupakan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil analisis ini kemudian dibuktikan dengan kondisi di lapangan. Sehingga peneliti bisa mengevaluasi produk wisata Jalanin Aja dan mendapatkan strategi yang tepat agar kualitas jasa Cerita Bandung dapat memberikan loyalitas dan kepuasan bagi wisatawan.

Description

Keywords

Layanan Kualitas, Loyalitas, Kepuasan

Citation