Bisnis Logistik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bisnis Logistik (D-IV) by Author "Linda Kurniawati"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis SWOT penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru bandung(2023-10-02) CENING AYU SUSMAYATI; Lina Auliana; Linda KurniawatiPenerapan E-marketing merupakan sebuah proses pemasaran online yang saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan. Dengan melakukan penerapan E- marketing yang efektif perusahaan akan mampu meningkatkan keuntungan, menguatkan bisnis dan lain sebagainya. PT Erlangga Mahameru Bandung menjadi salah satu perusahaan yang telah menerapkan E-marketing, namun belum terlalu efektif, dikarenakan pihak perusahaan mengalami kendala dalam proses membuat desain maksimal, menginformasikan dan mendeskripsikan produk dengan baik agar tujuan tersampaikan dengan baik kepada pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, untuk mendapatkan dan mengolah data berdasarkan hasil wawancara, observasi,studi pustaka dan dokumentasi. Kemudian penulis akan melakukan analisis SWOT terhadap penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung. Penelitian ini memiliki hasil bahwa penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung telah berjalan dengan maksimal walaupun belum terlalu efektif. Melalui analisis SWOT, E-marketing dalam PT Erlangga Mahameru Bandung tengah mencoba memaksimalkan beberapa kendala seperti informasi produk,membuat design yang lebih menarik dan koneksi pada saat mengakses Platform online PT Erlangga Mahameru Bandung. Untuk selebihnya penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung telah berjalan dengan baik. Pihak perusahaan juga selalu mengusahakan yang terbaik untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan, oleh karena itu PT Erlangga Mahameru Bandung tidak pernah menyerah dan tetap melakukan penerapan E- marketing yang efektif dan bertahap. Penulis juga memberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh pihak perusahaan agar mampu memaksimalkan penerapan E-marketingItem Evaluasi Kualitas Produk Untuk Aplikasi Pos Aja Pada PT. Pos Indonesia (Persero)(2023-10-09) DHAIFINA TAQIYYA FAHRISA; Tetty Herawaty; Linda KurniawatiPenelitian ini membahas tentang evaluasi kualitas produk untuk aplikasi Pos Aja pada PT. Pos Indonesia (Persero). Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan kualitas produk pada aplikasi Pos Aja agar dapat lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi kompetitor lainnya. Pos Aja adalah aplikasi layanan pengiriman yang dikembangkan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) untuk menjawab tantangan bisnis layanan pengiriman digital. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori utama yang diperkenalkan oleh David A. Garvin (1988) menggunakan delapan dimensi tentang kualitas produk. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan teori menurut Miles & Huberman (2002). Output kajian pada penelitian ini berupa perencanaan strategis berdasarkan dimensi – dimensi kualitas produk yang berisi perbandingan aplikasi Pos Aja dengan aplikasi JNE, J&T, SiCepat, dan Anteraja. Hasil penelitian menunjukan bahwa keunggulan pada aplikasi Pos Aja yaitu dari segi UI (User Interface) karena aplikasi Pos Aja memiliki tampilan yang menarik. Dimensi yang unggul pada aplikasi Pos Aja yaitu dimensi aesthetics (estetika) dan features (fitur). Sedangkan, aplikasi Pos Aja memiliki kelemahan dari segi UX (User Experience) karena aplikasi Pos Aja memiliki kendala pada bagian operasional. Dimensi yang perlu dikembangkan lagi yaitu reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian), dan durability (daya tahan). Pada intinya, aplikasi Pos Aja perlu mengembangkan UI/UX karena memiliki peranan yang sangat penting dalam pembuatan sebuah aplikasi. UI berfokus pada sisi estetika suatu desain, sedangkan UX berfokus pada pengalaman pengguna memakai aplikasi. Jika desain UI/UX sudah unggul, dapat meningkatkan kualitas pengalaman pengguna di aplikasi dan kepuasan pengguna secara keseluruhan.