Bisnis Logistik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bisnis Logistik (D-IV) by Author "Muhamad Rizal"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item PROSES PENYUSUNAN RENCANA PENGADAAN BARANG DAN JASA MENGGUNAKAN APLIKASI SMILE DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk.(2023-03-31) DEWI NINGRUM; Nugraha Pratama Fatturahman; Muhamad RizalKasus korupsi pada sektor pengadaan barang dan jasa banyak terjadi meskipun telah menerapkan e-procurement. PT. Telekomunikasi Indonesia merupakan sebuah perusahan milik negara (BUMN) yang memiliki kinerja yang baik. dalam mencegah tindakan kecurangan dalam sektor pengadaan barang dan jasa Telkom menggunakan aplikasi SMILE sebagai alat untuk melakukan proses pengadaan. penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan SMILE pada pelaksanaan pengadaan, sehingga dapat memberikan gambaran dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa. Metode kajian penelitian ini merupakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara pada pengguna SMILE di Telkom yaitu pada unit Logistic & Procurement. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan SMILE cukup efektif dalam proses pengadaan barang dan jasa, tetapi perlu mengembangkan sistem agar lebih transparan bagi semua masyarakat. Efektivitas penggunaan SMILE di dukung oleh penerimaan pengguna, keandalan teknologi, pengawasan sistem, komitmen manajemen dan pegawai serta dukungan para petinggi. Output dalam penelitian ini merupakan analisis SWOT yang bertujuan untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan.Item STRATEGI DISTRIBUSI PENGIRIMAN BARANG PADA CV. MITRA KARSA PRIMA(2024-01-11) DHEA ADELINA; Rani Sukmadewi; Muhamad RizalDistribusi pada saat ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh masyarakat, baik itu individu maupun perusahaan, semua membutuhkan distribusi yang cepat dan aman. CV. Mitra Karsa Prima merupakan salah satu perusahaan distribusi yang terletak di jakarta timur, CV. Mitra karsa Prima melayani pengiriman barang dalam negeri. terdapat beberapa permasalahan pada CV. Mitra Karsa Prima yaitu kerusakan barang dan keterlambatan pengiriman barang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT, analisis IFAS dan analisis EFAS sehingga dapat dibuat alur distribusi pengiriman barang pada CV. Mitra Karsa Prima. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa alur distribusi pengiriman barang yang dilakukan pada CV. Mitra Karsa Prima masih dilakukan secara tidak berurutan yang mengakibatkan proses penempatan barang memakan waktu yang cukup lama dan tidak adanya aturan tertulis tentang penempatan barang menyebabkan terjadinya kerusakan barang pada saat proses pengiriman. Berdasarkan analisis IFAS dan analisis EFAS dapat diketahui bahwa CV. Mitra Karsa Prima berada pada posisi di kuadran III yang berarti perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang untuk dapat meminimalisir kelemahan yang dimiliki Perusahaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan CV. Mitra Karsa Prima dapat menggunakan Strategi WO, strategi dilakukan dengan cara memanfaatkan peluang yang ada untuk meminimalisisr kelemahan yang ada. Strategi yang dibuat penulis pada penelitian ini adalah membuat Alur proses pengiriman barang, dengan alur ini diharapkan kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga dapat mencegah permasalahan-permasalahan yang ada agar tidak merugikan Perusahaan.Item STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MENGELOLA LOYALITAS PELANGGAN DI J&T EXPRESS MARCEDENIA(2024-01-05) R. MUHAMMAD ALIF HIDAYATULLAH; Untung Alamsah; Muhamad RizalPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap layanan FLE (Front Line Employee) pada jasa pengiriman J&T Express Marcedenia. Tujuan lainnya yaitu untuk merumuskan upaya peningkatan loyalitas pelanggan berdasarkan pada tingkat pembelian ulang, rekomendasi dan komitmen terhadap kepercayaan pelanggan dalam proses FLE (Front Line Employee) Pada penelitian ini digunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tools Costumer Loyalty Index (CLI), dan Net Promoter Score (NPS) dalam mengolah hasil data kuesioner. Data untuk penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada pelanggan. Sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus iterasi, dan menghasilkan 96 responden yang telah bertransaksi lebih dari 2 kali di J&T Express Marcedenia. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa penilaian pelanggan terhadap layanan FLE pada J&T Express Marcedenia mendapatkan penilaian positif dengan beberapa atribut dinilai sangat baik, yaitu diperoleh nilai CLI sebesar 79,2 dan total NPS diperoleh sebesar 72,3. Nilai CLI dan NPS yang diperoleh menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan terhadap J&T Express Marcedenia tinggi. Kemudian berdasarkan pada hasil performa CLI dan NPS, terdapat atribut yang menjadi prioritas perbaikan, atribut tersebut adalah pelayanan pelanggan J&T Express Mercedenia memberikan kualitas maksimal dalam kepuasan pelanggan. Mengacu pada hasil yang diperoleh dari 14 atribut pernyataan loyalitas pelanggan, atribut 5 menunjukan bahwa pelayanan J&T Marcedenia cukup baik, namun kurang konsisten dan kompeten dalam beberapa kesempatan pada pelayanan pelanggan J&T Express Marcedenia, yang mana nilai CLI yang diperoleh menunjukan pada angka 72.2. Pada penelitian ini peneliti merekomendasikan usulan perbaikan yang disajikan dalam bentuk rekomendasi SERVQUAL (service quality)