Teknologi Industri Pertanian (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Teknologi Industri Pertanian (S2) by Author "Boy Macklin Pareira Prawiranegara"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
Item ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERBASIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA COFFEE SHOP(2023-03-14) NADYA NOVIANTI DWI PUTRI; Fitry Filianty; Boy Macklin Pareira PrawiranegaraToko Mansure merupakan salah satu kedai kopi di Lampung yang menyediakan wadah untuk bertemu dan berkumpul dengan teman bagi kalangan. Kedai ini berfokus pada kualitas pelayanan, dikarenakan pelayanan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini difokuskan pada jasa atau pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) pada Coffee Shop. Hasil dari penyusunan QFD ini menghasilkan sebuah rumah mutu (House of quality/HOQ) yang di dalamnya berisikan informasi mengenai perancangan pengembangan produk atau jasa serta bertujuan untuk mendapatkan gambaran nilai gap tingkat kepuasan konsumen melalui penyusunan Planning Matrix pada metode Quality Function Deployment (QFD) studi kasus konsumen Toko Mansure Kota Bandar Lampung. Selain itu untuk mengevaluasi hubungan antar Technical Correlations pada metode Quality Function Deployment (QFD) dalam memenuhi kualitas pelayanan sehingga dapat mengetahui atribut apa yang perlu dilakukan perbaikan di Toko Mansure Kota Bandar Lampung. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang merupakan konsumen Coffee Shop secara umum dan konsumen Toko Mansure. Hasil penelitian ini menunjukkan 8 atribut telah memenuhi kepuasan konsumen dari Toko Mansure dengan menunjukan nilai gap positif dan terdapat 9 atribut yang perlu diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan karena memiliki hubungan yang kuat dengan kebutuhan konsumen sehingga atribut tersebut berkontribusi besar terhadap kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Toko Mansure.Item Analisis Strategi Green Marketing Terhadap Penambahan Essential Oil Pada Lotion Virgin Coconut Oil (VCO)(2022-09-26) PUTRI RIZQI AMALIYAH; Efri Mardawati; Boy Macklin Pareira PrawiranegaraPeningkatan jumlah konsumsi produk green cosmetics di Indonesia disebabkan dari perubahan kesadaran konsumen untuk memperhatikan produknya mendukung kelestarian lingkungan terutama pada tanah. Salah satu produk kosmetika yang dapat mendukung produk ramah lingkungan adalah lotion Virgin Coconut Oil (VCO). Penelitian ini mengevaluasi variasi penambahan emulgator dan essential oil pada lotion Virgin Coconut Oil (VCO). Pengujian terhadap lotion, meliputi uji homogenitas, bobot jenis, stabilitas, penentu pH, organoleptik, dan logam berat, kemudian dianalisis statistik menggunakan uji Kruskall-Wallis. Dalam mendukung penjualan dan program kelestarian produk lotion ini menggunakan strategi green marketing dengan variabel 7P’s marketing mix. Dalam mengetahui strategi green marketing melalui kuesioner, kemudian dianalisis deskriptif terhadap karakteristik konsumen lotion Nucoskin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lotion dengan formulasi penambahan emulgator 2% memiliki nilai karakteristik mutu sesuai SNI dan organoleptik yang disukai oleh panelis serta strategi green marketing program retur kemasan dengan pemberian diskon 20% dapat mengurangi beban kerusakan lingkungan terhadap tanah pada lahan 7,6 m2 dari lahan sebesar 10 m2, serta didukung dengan pemasaran yang tepat dan maksimal.Item Perancangan Sistem Pabrikasi Puree Jeruk Lemon (Citrus Limon) di Desa Suntenjaya Lembang(2023-10-11) MAULIDANTY PARAHITA SUHERMAN; Boy Macklin Pareira Prawiranegara; Fitry FiliantyDesa Suntenjaya Lembang merupakan lokasi utama budidaya jeruk lemon jenis California dengan permasalahan utama berupa penumpukan produksi jeruk lemon yang mencapai 60 ton perbulan. Salah satu alternatif yang diusulkan adalah pengolahan jeruk lemon menjadi puree. Produksi puree jeruk lemon dapat mengatasi penunpukan stok dan meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Suntenjaya Lembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan konsentrasi natrium benzoat pada puree jeruk lemon yang menghasilkan karakteristik dan masa simpan terbaik, serta merancang sistem pabrikasi puree jeruk lemon di Desa Suntenjaya Lembang. Perlakuan yang dilakukan dalam pembuatan puree jeruk lemon yaitu konsentrasi natrium benzoat (0,04%; 0,05%; 0,06%; 0,07%; 0,08%; 0,09%; dan 0,1%) dan lama penyimpanan (1, 4, 7, 10, 14 hari) pada suhu 40oC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik terbaik terdapat pada puree jeruk lemon dengan penambahan natrium benzoat 0,07%. Total mikroba pada hari ke-14 masih dibawah batas maksimal yaitu 7,5x102, dengan nilai rata-rata pH selama penyimpanan 2,47, total gula 1,77 gram/100ml, dan kadar vitamin C 55,76 mg/100ml. Dengan memperhitungkan permintaan pasar puree jeruk lemon yang signifikan selama lima tahun terakhir mencapai 13.788 jiwa. Rancangan sistem pabrikasi dibuat menyesuaikan stok bahan baku dan permintaan pasar, sehingga pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 24.000 liter/bulan dengan satu lintasan produksi. Sistem pabrikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah penumpukan stok jeruk lemon dan dapat diaplikasikan di Desa Suntenjaya Lembang.Item STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PADA UMKM SOTO SURABAYA MBAK SRIE BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI QUALITY FUNCTIONAL DEPLOYMENT (QFD) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)(2022-07-04) ALFANDO PUTRANTYO WIRATAMA; Roni Kastaman; Boy Macklin Pareira PrawiranegaraBerdasarkan data dari sensus ekonomi yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Indonesia terdapat sebanyak 26.073.689 unit UMKM non pertanian. Banyaknya jumlah UMKM tidak serta merta membuat lingkungan dunia UMKM menjadi baik, permasalahan yang biasa timbul di UMKM adalah persaingan pasar, kemampuan manajerial yang kurang baik. Banyaknya unit UMKM di Indonesia yang menimbulkan persaingan pasar menjadi lebih sulit serta dapat membuat kebutuhan dan keinginan konsumen mengenai suatu hal cepat berubah sehingga hal yang diperhatikan oleh banyak pelaku usaha untuk bersaing adalah mengatur kepuasan pelanggan. Soto ayam surabaya “Mbak SRie” merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang penyajian makan dan minum serta memiliki perhatian terhadap kepuasan pelanggan sehingga memberikan kualitas terbaik untuk memenuhi ekspektasi pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui kriteria kepuasan pelanggan soto ayam surabaya berdasarkan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, kualitas harga dengan melakukan survei kepuasan pelanggan. Mengetahui strategi yang diprioritaskan guna meningkatkan kualitas dari soto ayam surabaya dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Meningkatkan kualitas dari Soto Ayam Surabaya dengan cara memperbaiki kualitas secara sederhana menggunakan Quality Functional Deployment (QFD) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penggunaan AHP dilakukan dengan menggunakan software ExpertChoice. Kriteria kepuasan pelanggan dari masing-masing variabel dan atribut harapan termasuk kedalam kriteria baik. Variabel kepuasan pelanggan dengan nilai rata-rata tertinggi adalah variabel kualitas pelayanan dengan nilai rata-rata sebesar 4,04 kemudian disusul variabel kualitas harga dengan nilai rata-rata sebesar 3,91 dan variabel kualitas produk dengan nilai 3,86 dengan seluruh kriteria nya adalah baik. Strategi yang memiliki nilai bobot dari yang terbesar dengan menggunakan metode AHP adalah melakukan digitalisasi dengan bobot sebesar 0,308 Peningkatan kualitas dilakukan dengan fokus dimensi atau atribut kepuasan pelanggan yang memiliki nilai bobot terbesar yaitu kehalalan dan kehigienisan sebesar 7,51, rasa sebesar 7,21, kemudahan menjangkau lokasi sebesar 6,95, harga sesuai kualitas sebesar 6,77 dan dimensi kemasan dengan nilai bobot sebesar 6,59. Strategi peningkatan kualitas yang digunakan adalah melakukan penanganan secara higienis, melakukan digitalisasi dan memperbaiki kemasan serta merekayasa produk.