S2 - Magister
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S2 - Magister by Author "Bony Wiem Lestari"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pengembangan Media Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Mata Kuliah Asuhan Persalinan(2016-01-29) NURUL KODIYAH; Bony Wiem Lestari; Dewi Marhaeni Diah HerawatiABSTRAK Institusi pendidikan bidan perlu membuat suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi lulusannya. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai adalah kompetensi menolong persalinan. Berdasarkan studi pendahuluan, jumlah mahasiswa yang lulus dalam ujian utama ketrampilan asuhan persalinan sedikit padahal telah dilakukan pembelajaran. Analisis terhadap asuhan persalinan perlu dilakukan agar diketahui masalah dan rekomendasi perbaikan pembelajaran secara operasional sehingga meningkatkan skills atau keterampilan dalam menolong persalinan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian operasional, data dan metode analisis yang dipilih adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat interpretivism. Penelitian diawali dengan analisis pembelajaran asuhan persalinan terhadap masalah operasional, tahap selanjutnya adalah mengartikulasikan hambatan tersebut dan mengembangkan model pemecahan masalah, tahap terakhir yaitu validasi atau merekomendasilkan solusi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, diskusi kelompok dan observasi serta studi dokumentasi. Analisis data kualitatif meliputi transkripsi, reduksi, koding, kategorisasi dan interpretasi hasil penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober tahun 2014. Hasil penelitian dari analisis situasi pembelajaran asuhan persalinan, yaitu pada proses perencanaan telah dilakukan perumusan tujuan dan kegiatan serta penyusunan silabus namun rencana pelaksanaan pembelajaran dan panduan praktikum belum dibuat. Proses pelaksanaan pembelajaran praktikum belum sesuai dengan rencana terutama berkaitan dengan metode, media, jadwal dan waktu praktikum. Proses evaluasi penilaian yang dilakukan antara lain responsi, target skill, ujian akhir semester dan ujian ketrampilan. Kendala pembelajaran praktikum terdiri kehadiran dosen, keterbatasan sarana dan prasarana, motivasi dan keaktifan mahasiswa serta alokasi waktu. Pengembangan perencanaan dimulai dari menentukan tujuan dari standar kompetensi, mengembangkan alat evaluasi, menetapkan kegiatan pembelajaran, dan penyusunan panduan praktikum.. Pengembangan pelaksanaan yang ditawarkan antara lain menentukan pre test pelaksanaan praktik, penyampaian pembelajaran sesuai dengan perencanaan, modifikasi media praktikum. Pengembangan post test dilakukan pada ranah psikomotor yang dilakukan dosen melalui pengamatan mulai dari persiapan alat, proses praktikum, hasil dokumentasi, sikap kerja serta waktu yang digunakan. Evaluasi juga dilakukan pada area kognitif dan afektif berupa pembobotan lisan atau responsi (10%), tulis atau pilihan ganda dan essay (30%), portofolio atau makalah dan dokumentasi (20%). Kata Kunci: asuhan persalinan, operational research, pengembangan media praktikum ABSTRACT Health personnel who is qualified in his major or authority is one of supporting action to integrated and comprehensive health efforts. Midwife institution has an important role in preparing midwifes to take care when delivering baby and new born baby. Improving the quality of midwife education can be achieved by improving the quality of learning or research professionally. Practicum learning development is an improvement of learners’ quality which combines cognitive, affective, and psychomotor in the lesson plan. It aims to improve the learning in order to run effectively and efficiently. This current study is qualitative which uses operational research design. The preliminary research was done by analyzing the delivering care, developing problem solving plan, and recommending solution. The data were collected by doing in depth interview, group discussion, observing documentation by selecting the respondents purposively. Qualitative data analysis is done by transcription, reduction, coding, categorizing, and interpreting the result of research. This research is done on October 2014. The results of delivery care learning analysis are on the learning process had been arranged the syllabus and lesson plan except practicum manual. The implementation of practicum learning process was not appropriate with the plan especially related to schedule and practicum schedule. Evaluation assessment process consists of responsiveness, target, mid test and skill test. The obstacles of practicum learning are lecturer present, the limitation of structure and infrastructure, motivation and liveliness students, and practicum time allotment. Development problem solving plan on delivery care learning is to arrange lesson plan of delivery care using learning developing model from instructional structure developing procedure. Recommended implementation developments are pre-test, implementation compatibility with the plan and modification practicum media usage. Learning evaluation development is done comprehensively. Keyword: delivery care, operational research method, practicum development