S2 - Magister
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S2 - Magister by Author "ADE IRVI NURUL HUSNA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Peranan Modal Sosial dalam Menciptakan Peluang Bisnis (Studi pada Unit Bisnis Yayasan Percikan Iman)(2015-04-16) ADE IRVI NURUL HUSNA; Ria Arifianti; R. Anang MuftiadiSejumlah yayasan mendirikan unit bisnis melalui peluang-peluang bisnis yang tercipta dari lingkungan internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan modal sosial dalam menciptakan peluang bisnis. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggali informasi dari narasumber dan informan melalui wawancara semi terstruktur diantaranya kepada pengelola kegiatan kajian, pengelola bisnis, dan peserta kajian Yayasan Percikan Iman untuk mengetahui lebih dalam situasi dan kondisi terkait modal sosial dan peluang bisnis. Hasil menunjukkan bahwa modal sosial pada peserta kajian berperan dalam menciptakan peluang bisnis pada unit bisnis yayasan. Modal sosial terbentuk dari dimensi yang dominan muncul yaitu relasional dan kognitif. Peluang bisnis tercipta dari unsur yang dominan muncul yaitu potensi. Diperoleh kesimpulan bahwa modal sosial berupa kepercayaan, harapan dan pemahaman pada peserta kajian berperan dalam menciptakan peluang bisnis pada unit bisnis yayasan, yang ditunjukkan dengan potensi pasar, keuntungan finansial, dan ide bisnis. Peluang bisnis yang sudah terwujud menjadi unit bisnis dapat membentuk modal sosial baru atau memperkuat modal sosial sebelumnya.