Agribisnis (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Agribisnis (S1) by Author "ADHI SYAM ALAM"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item STRATEGI PEMASARAN KOMODITAS PEPAYA (Carica papaya L.) VARIETAS KULTIVAR CALINA IPB 9(2016-06-15) ADHI SYAM ALAM; Ronnie Susman Natawidjaja; Tidak ada Data DosenPepaya merupakan salah satu jenis komoditas hortikultura yang sedang banyak diminati dan di budidayakan oleh masyarakat. Muncul permintaan dari pihak konsumen akan pepaya dengan tipe sedang. Salah satu jenisnya adalah varietas Calina IPB – 9 atau lebih dikenal dengan pepaya California. CV. Lumbung Mas Lestari merupakan perusahaan pemasaran pepaya California yang berlokasi di Kota Banjar. Dalam periode 1 tahun terakhir, terdapat kendala pada volume penjualan yang mengalami penurunan secara signifikan dan konsisten. Perlu adanya sebuah alternatif strategi pemasaran untuk menaikan kembali volume penjualan pepaya di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penurunan volume penjualan pepaya di CV. Lumbung Mas Lestari dan merumuskan alternatif strategi pemasaran untuk menaikan kembali volume penjualan. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan teknik studi kasus. Alat analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi penurunan volume pepaya di CV. Lumbung Mas Lestari. Alat analisis dalam merumuskan strategi pemasaran adalah analisis lingkungan internal (EFI), analisis lingkungan eksternal (EFE), matriks internal – eksternal (IE), dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa penyebab terjadinya penurunan volume penjualan pepaya yaitu penerapan harga beli yang kurang menarik bagi petani, cakupan pasar yang sempit, serta keberadaan perusahaan pesaing. Pada pemetaan matriks IE perusahaan berada pada sel V, yang berarti CV. Lumbung Mas Lestari berada pada daerah jaga dan pertahankan. Strategi intensif melalui penetrasi pasar dan pengembangan produk merupakan strategi operasional yang dapat dilakukan perusahaan. Hasil analisis SWOT menyajikan beberapa opsi strategi yang dapat diimplementasikan perusahaan dengan mempertimbangkan faktor kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman.