Fakultas Kedokteran
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Fakultas Kedokteran by Author "ADINDA SYIFA IRIANTI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item POLA ATENSI PADA ANAK DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) TIPE-C CILEUNYI(2015) ADINDA SYIFA IRIANTI; Siti Aminah; Uni GamayaniAbstrak Latar Belakang:Atensi adalah proses secara aktif terjadi pengambilalihan pikiran terhadap suatu informasi. Atensi merupakan faktor terpenting dalam perkembangan dan proses belajar. Pada anak dengan disabilitas intelektual (DI), terjadi penurunan fungsi kognitif yang mengakibatkan terjadinya penurunan atensi. Epilepsi merupakan penyakit yang sering ditemukan pada penyandang DI. Gangguan pada atensi merupakan faktor terbesar dalam kegagalan akademik pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola atensi pada anak SLBN Tipe-C Cileunyi. Metode :Penelitian deskriptif kuantitatif potong lintang menggunakan data primer. Data yang diambil secara total samplingmenggunakan Zoo Runner Task selama September-November 2018 terhadap murid SLBN Tipe-C Cileunyi yang merupakan penyandang DI dan dapat memahami perintah. Penyandang autisme merupakan kriteria eksklusi. Hasil : Terdapat 12 anak DI dan 8 anak DI dengan epilepsi.Median skor keseluruhan data adalah 1,5 dengan median skor omisi sebesar 1,5 dan komisi 0,5. Skor median pada usia 6-9 tahun adalah 3,5, pada 10-13 tahun adalah 6,5, pada 14-16 tahun 0, dan pada 17-19 tahun adalah 0,5. Skor median berdasarkan kemampuan berbahasa ekspresif adalah 1,5 bagi yang lancar dan 4 bagi yang belum. Pada populasi DI dengan epilepsi skor yang didapatkan adalah 0,5 dan 1,5 pada penyandang DI saja. Skor median pada jenis bangkitan umum bernilai 4 sedangkan pada jenis bangkitan parsial bernilai 1,5. Simpulan:Terjadi penuruan atensi pada anak dengan DI dengan kesalahan terbanyak pada omisi. Epilepsi tidak memperburuk perfoma subjek pada penelitian ini, namun dari jenis bangkitannya, bangkitan umum lebih cenderung menurunkan atensi dibanding bangkitan parsial. Kata Kunci:Anak, atensi, disabilitas intelektual, epilepsi