Browsing by Author "SASVIA AYU PUZIANTI"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis Implementasi Prinsip Ekonomi Sirkular pada Bank Sampah Bersinar(2023-01-12) SASVIA AYU PUZIANTI; Fitry Filianty; Gemilang Lara Utama SaripudinBank sampah merupakan salah satu wadah yang dapat mengelola sampah dan lingkungan yang ditransformasikan menjadi uang, namun tidak seluruh kegiatan pengelolaan sampah dan lingkungan dapat dibuktikan menerapkan ekonomi sirkular sesuai klaimnya. Kegiatan pengelolaan sampah dan lingkungan yang memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan dapat diukur kesesuaiannya dengan prinsip ekonomi sirkular menggunakan circularity performance indicators (CPIs). Bank Sampah Bersinar (BSB) merupakan salah satu bank sampah yang mengklaim penerapan ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampahnya, dengan jejaring kemitraan yang dimiliki serta aliran sampah dan uang kembali lagi ke nasabah dalam siklus tertutup. CPIs yang dinilai pada pengelolaan sampah di BSB mencapai nilai tingkat capaian responden (TCR) sebesar 83.46%. Kegiatan pengelolaan sampah yang dilakukan oleh BSB dapat diklaim menerapkan prinsip ekonomi sirkular karena terdiri dari kegiatan 4R yakni reuse, reduce, recycle, dan repair. Hingga tahun 2022 BSB memiliki 11.000 nasabah aktif, memiliki mitra kerjasama lebih dari 60 yang terdiri dari bidang akademisi, bisnis, komunitas lingkungan, pemerintah, serta media, mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dengan terbukanya lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar, mampu mereduksi sampah Kota dan Kabupaten Bandung yang perlu dikelola sebanyak 49%, dan mendapatkan penghargaan sebagai bank sampah terbaik se-Indonesia yang dinobatkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.Item Analisis Pengendalian Mutu Produk Frutivez pada PT Saudagar Buah Indonesia dengan Pendekatan Analisis Statistical Process Control (SPC)(2021-10-11) SASVIA AYU PUZIANTI; Roni Kastaman; Totok PujiantoPengendalian mutu merupakan hal dasar yang perlu diterapkan oleh sebuah organisasi, instansi, maupun perusahaan untuk memproduksi jasa ataupun produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kecacatan yang mungkin terjadi dalam suatu produksi dapat menyebabkan kerugian secara bertahap bagi perusahaan. 4 dari 5 atribut dan variabel fruit strips Frutivez dapat memenuhi standar fruit strips yang diminati oleh konsumen, namun seringkali bentuk produk yang diterima oleh konsumen tidak sesuai yang diharapkan. Penyimpangan bentuk terjadi melebihi upper control limit (UCL) sebesar 0.0257 untuk mangga, 0.0257 untuk pinepaya, dan 0.0049 untuk pisang. Solusi yang diberikan untuk mengurangi cacat bentuk adalah perbaikan metode pengemasan, penggantian dan pemeliharaan peralatan dengan cara membersihkan alat setelah produksi untuk produksi selanjutnya, mengurangi kejenuhan karyawan melalui rekreasi bersama, serta mereformulasi resep produksi untuk meningkatkan kadar air produk dan mengurangi waktu pengeringan. Tingkat presentase akhir penerimaan solusi tersebut oleh pihak perusahaan sebesar 78% yang berarti kemungkinan besar solusi yang diberikan dapat diimplementasikan. Kata kunci: Fruit Strips, Manajemen Pengendalian Mutu, SPC