D3 - Diploma
Permanent URI for this community
Browse
Browsing D3 - Diploma by Subject "Administrasi Kependudukan"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Pelaksanaan Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat(2018-04-09) TATU ANDINI SEPTIANI; Teguh Heriawan; Tidak ada Data DosenLaporan ini berjudul “Pelaksanaan Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat”. Salah satu bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota yaitu pembuatan E-KTP. Dalam pencetakan E-KTP salah satu hal yang penting adalah tersedianya blanko untuk percetakan. Dan provinsi bertanggungjawab terhadap fasilitasi blanko E-KTP bagi kabupaten/kota dan fasilitasi penunjang lainnya. Tujuan penulisan laporan praktik kerja lapangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi, hambatan serta upaya menyelesaikan hambatan dalam pengelolaan sistem administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat. Adapun metode penyusunan laporan praktik kerja yang digunakan adalah metode deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, studi lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan praktik kerja lapangan ini dapat diketahui bahwa fasilitasi pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat diantaranya yaitu fasilitasi pembinaan aparatur pendaftaran penduduk yang ruang lingkupnya meliputi penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan penerbitan E-KTP, serta fasilitasi pencatatan sipil yang meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan dan lain sebagainya. Terkait dengan pelaksanaan fasilitasi pembinaan aparatur penduduk dan pencatatan sipil di Dinas tersebut dilakukan Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis. Kesimpulannya adalah pada pelaksanaan fasilitasi pelayanan administrasi kependudukan sudah cukup baik. Namun koodinasi dengan kabupaten/kota perlu ditingkatkan lagi sehingga pelayanan yang dilakukan oleh kabupaten/kota dapat berjalan dengan maksimal. Kata Kunci : Fasilitasi Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Pencatatan SipilItem PROSES PELAYANAN PUBLIK TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BAGIAN SEKSI PEYANAN KECAMATAN KOTA BANDUNG 2016(2016-04-14) SAJI DATINA FATIMAH; Dian Fitriani Afifah; Tidak ada Data DosenABSTRAK Tujuan penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui Proses Pelayanan Tentang Administrasi Kependudukan Bagian Seksi Pelayanan Di Kantor Kecamatan Coblong Kota Bandung 2016. Metode penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan dilakukan dengan cara observassi, wawancara dan dokumentasi. Proses Pelayanan Tentang Administrasi Kependudukan Bagian Seksi Pelayanan Di Kecamatan Kota Bandung pada dasarnya sudah telah sesuai dengan Keputusan Camat Coblong Kota Bandung Nomor: 23 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Publik Di Kecamatan Coblong Kota Bandung tidak terlepas dari faktor-faktor penghambat yaitu tidak berjalannya nomor antrian, pemohon tidak mengetahui persyarataan, masyarakat yang engan mengurus persyaratan sesuai persyaratan yang telah ditetapkan dan petugas yang tidak dapat hadir dikarenakan macet atau urusan tugas dari kantor. Hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan mengingatkan pemohon layanan untuk mengambil nomor antrian, memberikan penjelasan dan memberikan brosur yang berisi persyaratan pelayanan administrasi kependudukan, memberi ketegasan kepada pemohon layanan bahwa produk pelayanan dapat diambil sesuai waktu yang ditetapkan, dan petugas hadir lebih tepat waktu dan bersegera menyelesaikan produk pelayanan sebelum waktu tempo. Kesimpulan dari Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah Proses Pelayanan Publik Tentang Administrasi Kependudukan Bagian Seksi Pelayanan Kota Bandung harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Kata kunci: Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Kecamatan