D3 - Diploma
Permanent URI for this community
Browse
Browsing D3 - Diploma by Subject "Administrasi Publik"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PROSES PENJUALAN PRODUK CAMILAN LIDIGELI PADA CV. GEULIS KREATIF INDONESIA(2018-07-16) SALMA FIRYAL LUTHFIYYAH; Pratami Wulan Tresna; Tidak ada Data DosenUnit Usaha Lidigeli pada CV.Geulis Kreatif Indonesia terus memperluas wilayah penjualan melalui reseller dan mempertahankan eksistensi dari produknya yang berupa camilan mie lidi. Camilan ini dikemas dengan kemasan yang menarik dan memiliki bermacam rasa dengan mengikuti perkembangan zaman sehingga menjadikan produk ini bertahan di pasaran dengan metode penjualannya. Tujuan penulis yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penjualan produk camilan Lidigeli serta hambatan apa yang dialami dan bagaimana upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi hambatan yang di alami oleh unit usaha Lidigeli pada CV. Geulis Kreatif Indonesia. Sehingga proses penjualan dapat dilakukan semaksimal mungkin dan untuk menambah pengetahuan penulis pada bidang administrasi bisnis serta bermanfaat bagi pihak lain terutama untuk pembaca. Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif yang bertujuan memberi gambaran yang cukup jelas mengenai keadaan perusahaan, dimana data-data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Proses penjualan produk camilan Lidigeli pada CV. Geulis Kreatif Indonesia dilakukan kepada konsumen Lidigeli terdiri dari konsumen akhir dan reseller. Terdapat dua alur proses penjualan, yaitu penjualan langsung dan penjualan tidak langsung. Penjualan langsung dilakukan melalui toko dan diluar toko seperti pameran dan bazar dengan proses penjualan mulai dari pemesanan produk oleh konsumen, penegasan pesanan untuk kemudian barang disiapkan, lalu konsumen melakukan pembayaran kemudian barang diserahkan kepada konsumen. Penjualan tidak langsung dilakukan melalui media penjualan seperti media sosial Instagram dan Line Shopping, situs web Lidigeli, dan pusat jual beli online Shopee. Proses penjualan tidak langsung dimulai dengan pemesanan produk oleh konsumen melalui media penjualan Lidigeli, setelah pesanan dibuat dan diterima, admin penjualan atau sistem pada media tersebut akan mengirimkan tagihan pembayaran pada konsumen, kemudian konsumen melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran, lalu barang dikirim dan resi diberikan kepada konsumen. Saran untuk penjualan produk camilan Lidigeli pada CV. Geulis Kreatif Indonesia diharapkan dapat mengembangkan proses penjualan sehingga lebih efektif dan efisien untuk menjual produk camilan Lidigeli, dengan begitu dapat meningkatkan proses penjualan produk Lidigeli.