D3 - Diploma
Permanent URI for this community
Browse
Browsing D3 - Diploma by Subject "abstrak"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PROSES PROMOSI PARIWISATA DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA BARAT PADA KEGIATAN JAWA BARAT TRAVEL EXCHANGE (JTX) 2016(2017-07-04) FITRI NUUR AINII; R. Ahmad Buchari; Tidak ada Data DosenABSTRAK Provinsi Jawa Barat memiliki banyak sekali objek wisata, baik wisata alam maupun buatan, namun pada kenyataan masih banyak masyarakat atau para calon wisatawan yang masih belum mengetahui objek wisata apa saja yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Hal ini disebabkan karena kurangnya promosi atau pemasaran dari pemerintah kepada masyarakat atau para calon wisatawan. Padahal, promosi pariwisata itu sangat penting karena dengan adanya promosi maka kan menarik masyarakat atau para calon wisatawan untuk datang mengunjungi destinasi wisata yang dipromosikan. Sehingga, melalui promosi pariwisata akan mendapatkan timbal balik berupa meningkatnya pendapatan asli daerah. Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini untuk mengetahui bagaimana Proses Promosi Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada Kegiatan Jawa Barat Travel Exchange (JTX) 2016 . selain itu penulis ingin mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses promosi pariwisata, serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk menghadapi hambatan tersebut dalam melukakn proses promosi pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan penulis dalam penulisan laporan tugas akhir menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan hasil praktik kerja lapangan. Pengumpulan data dengan melakukan studi lapangan, observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan analisis data. Penulis menyimpulkan bahwa kegiatan Jawa Barat Travel Exchange (JTX) merupakan salah satu media promosi yang handal dan memiliki peranan penting dalam promosi pariwisata Jawa Barat dan dikemas dalam bentuk pasar wisata. Dimana para pemasok produk-produk pariwisata atau biasa disebut sellers (hotel, restoran, instansi pariwisata nasional dan daerah, kawasan wisata, maskapai penerbangan, dan sebagainya) bertemu dan melakukan transaksi dengan para pembeli/buyers (agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata dan pengatur wisata lainnya). Antusias peserta baik dari dalam maupun luar negeri pada kegiatan JTX (Jawa Barat Travel Exchange) dari tahun ke tahun merupakan keberhasilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam mencapai tujuan promosi pariwisata. Simpulan dari Proses Promosi Pariwsata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat pada Kegiatan Jawa Barat Travel Exchange yang telah dilaksanakan dengan cukup baik dan sukses. Walaupun terdapat sedikit hambatan, akan tetapi sudah dapat teratasi. Dengan adanya kegiatan Jawa Barat Travel Exchange (JTX)2016 ini dapat meningkatkan dan menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Jawa Barat