Ilmu Sastra (S3)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Sastra (S3) by Subject "bahan ajar"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Implementasi Nilai-Nilai Luhur Kesundaan dalam Teks Naratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Model Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (Studi Kasus Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Unpad)(2017-06-15) R YUDI PERMADI; Dadang Suganda; WahyaDisertasi yang berjudul: “Implementasi Nilai-nilai Luhur Kesundaan dalam Teks Naratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Model Pengembangan Kepribadian (Studi Kasus Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Universitas Padjadjaran) ” disusun dengan tujuan memperoleh temuan model pengembangan kepribadian mahasiswa di Universitas Padjadjaran. Penelitian ini dilakukan dengan asumsi bahwa model pengembangan kepribadian melalui pengajaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Bahasa Indonesia belum ada sampai saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif karena penelitian disertasi ini merupakan penelitian kualitatif dengan berdasarkan kepada: (1) merefleksikan fenomena budaya yang terjadi, (2) penekanan pada proses dan makna yang tidak dikaji secara ketat atau belum diukur, (3) sifat penyelidikan yang sarat-nilai, (4) bertautan dengan kajian-kajian kultural dan berciri interpretif, (5) berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, (6) memedulikan proses, bukan hasil atau produk. Adapun sumber data yang disajikan sebagai bahan analisis diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber pustaka dan sumber elektronik. Data pustaka diperoleh dari beberapa referensi yakni buku, jurnal ilmiah, dan media cetak, sedangkan sumber elektronik diperoleh dari internet. Kerangka kajian teori penelitian ini meliputi beberapa teori yang digunakan dalam analisis data, yaitu: kebudayaan, nilai-nilai luhur karakter kesundaan, pandangan hidup kesundaan, struktur kebahasaan, dan teori kepribadian. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai luhur kesundaan yang terkandung dalam teks naratif bahan ajar Bahasa Indonesia dapat menjadi model pengembangan kepribadian mahasiswa Universitas Padjadjaran. Masalah ini perlu diangkat mengingat sampai saat ini belum ada model pengembangan kepribadian melalui bahan ajar yang diterapkan dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis data melalui empat langkah yakni kajian terhadap implementasi nilai-nilai luhur karakter kesundaan dalam teks, implementasi nilai-nilai faktual dalam teks dan indikator kebahasaannya, implementasi nilai-nilai luhur pandangan hidup kesundaan dalam teks , serta implementasi model pembelajaran melalui bahan ajar berbasis nilai luhur kesundaan, diperoleh hasil sebuah model pengembangan kepribadian mahasiswa di Universitas Padjadjaran. vii ABSTRACT This dissertation is title: “The Implementation of Nilai-nilai Luhur Kesundaan (Great Sundanese Values) in The Narrative Text Indonesian Modul as a Model of Develpoment Personality (A Case Study Indonesian Modul at The Universitas Padjadjaran)” are prepared with the purpose of acquiring findings model of development personality student at the University of Padjadjaran.This research is written with the assumption that model of development personality through teaching lecture development personality (MPK) Indonesian Language not existed up to this point. Methods used in research is qualitative for research dissertation is a qualitative research because based on: (1) reflect cultural phenomena happened, (2) emphasis on the process and a meaning that is not examined strictly or not measured, (3) the investigation great value, (4) interlocked with study of culturally and are interpretative, (5) oriented phenomenon or symptoms are natural, (6) regard for the process, not the result or products. As for data sources served as for analysis obtained from two sources, that is a source of library and source of electronic. Data library obtained from several reference the book, scientific journal, and newspaper. Electronic reference, obtain from internet. The study theory this research include some theories used in data analysis , namely: culture , great character values of Sundanese, Sundanese view of life, , linguistic structure, and the personality theory. As for the problems discussed the research is how great values of Sundanese contained in the text narrative modul Indonesian can be a model of development personality Padjadjaran University student. This problem should be appointed as up to now there is no model of personality implemented through Indonesian narrative text modul. Based on the results of an data analysis there ara four steps namely : the implementation of the great values of Sundanese character in the text, the implementation of the great factual Sundanese values in the text and its linguistic indicators, the implementation of the great view of life Sundanese values, and implementation of model personality building character trough Indonesian modul narrative text.