Ilmu Sastra (S3)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Sastra (S3) by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 85
Results Per Page
Sort Options
Item Peran Kearifan Lokal dalam Pendidikan Lingkungan Hidup : Kajian Adaptasi Budaya Masyarakat Kampung Kuta Kabupaten Ciamis Jawa Barat(2010) IMAN HILMAN; Yati S. Aksa; Cece SobarnaJudul disertasi “Peran Kearifan Lokal dalam Pendidikan Lingkungan Hidup : Kajian Adaptasi Budaya Masyarakat Kampung Kuta Kabupaten Ciamis Jawa Barat”. Penelitian dirahkan pada peranan kearifan lokal masyarakat Kampung Kuta dalam pendidikan lingkungan hidup. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman holistik yang dilakukan secara informal pada masyarakat. Kearifan lokal memiliki peranan yang sangat strategis dalam rangka memberikan kontribusi untuk menambah wawasan dan pengetahuan lingkungan pada pendidikan lingkungan hidup sebagai sumber belajar yang terintegrasi. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini mencakup : identifikasi jenis kearifan lokal yang relevan dengan pendidikan lingkungan hidup, peranan kearifan lokal dalam proses pendidikan lingkungan hidup, dan tentang pola integrasi kearifan lokal dalam pendidikan lingkungan hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Sumber data penelitian diperoleh dari informasi yang diberikan secara langsung oleh informan berupa data lisan tentang jenis dan bentuk kearifan lokal serta data tentang berbagai peristiwa budaya. Data dianalisis dan dilakukan uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi pada teknik pengumpulan data dan pada sumber data yang diperoleh. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal Kampung Kuta memiliki karakter sangat selektif, memiliki kesantunan, mengutamakan harmoni, dan berorientasi ke masa depan. Bentuk kearifan lokal tersebut terintegrasi dalam pengetahuan, keyakinan, pemahaman atau wawasan, serta adat kebiasaan atau etika. Bentuk kearifan lokal yang relevan dengan pendidikan lingkungan hidup terdapat dalam upaya mereka untuk melindungi hutan keramat, melestarikan sumberdaya air, melestarikan rumah adat, larangan menguburkan mayat dan pembuatan sumur, serta pelaksanaan upacara adat dan kesenian. Kearifan lokal ini mengatasi berbagai permasalahan lingkungan, sehingga sesuai dengan tujuan pendidikan lingkungan untuk memiliki kesadaran, sikap, pengetahuan, keterampilan, partisipasi, evaluasi serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan untuk memecahkan masalah lingkungan. Peranan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Kuta dalam pendidikan lingkungan hidup dalam proses adaptasi budaya tercermin dari ketaatan dalam : mentaati pelaksanaan aturan adat, memahami prinsip pengelolaan lingkungan, melakukan pewarisan kebudayaan dan penanaman nilai, melanjutkan sistem budaya masyarakat, mengurangi terjadinya perubahan lingkungan, meningkatkan pemahaman religi, mengelola dan mengendalikan pencemaran, mencegah kerusakan lingkungan, dan memanfaatkan sumberdaya dan konservasi. Pola integrasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat kampung kuta dalam praktik adaptasi budaya pada pendidikan lingkungan hidup dilakukan dengan mengelaborasikan kearifan lokal ke dalam pendidikan berbasis budaya melalui : menanamkan prinsip cinta lingkungan, menjaga dan memelihara kondisi lingkungan, mewariskan tradisi lokal, mengawasi dan melestarikan lingkungan, memanfaatkan sumberdaya alam, menanamkan kebersamaan dan gotong royong, menanamkan kesadaran pentingnya kesehatan lingkungan, menerapkan tabu dalam pelestarian hutan, menerapkan tabu dalam aktivitas kehidupan, melaksanakan upacara-upacara adat, mendirikan rumah, manifestasi praktik adaptasi budayaItem IMPLEMENTASI BUDAYA KEPEMIMPINAN PADA PENGELOLAAN PENDIDIKAN TINGKAT DASAR: KAJIAN FENOMENOLOGIS BUDAYA KEPEMIMPINAN DI SDN BANJARSARI KOTA BANDUNG(2016-11-14) YUSUF WAHYUDIN; Yuyu Yohana Risagarniwa; Dadang SugandaPenelitian ini berjudul Implementasi Budaya Kepemimpinan Pada Pengelolaan Pendidikan Tingkat Dasar: Kajian Fenomenologis Budaya Kepemimpinan di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari Kota Bandung. Secara khusus penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kajian tentang konsep budaya kepemimpinan yang sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP), nilai-nilai Islam dan nilai-nilai budaya lokal. 2). deskripsi faktual tentang implementasi budaya kepemimpinan kolektif dan tunggal yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Banjarsari. 3). deskripsi faktual tentang dampak implementasi budaya kepemimpinan tunggal yang diterapkan Sekolah Dasar Negeri Banjarsari. Penelitian ini dilakukan dengan metode fenomenologi, yang secara umum dimaksudkan untuk mengetahui kajian implementasi budaya kepemimpinan pada pengelolaan pendidikan tingkat dasar di SDN Banjarsari Kota Bandung. Sebagai nara sumber dari penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru-guru, dan penjaga sekolah. Sedangkan secara khusus SDN Banjarsari belum pernah diteliti dengan judul yang sama. Karena itu penulis melakukan penelitian ini. Data dikumpulkan melalui a). observasi, b). wawancara, c). studi dokumentasi, dan d) triangulasi. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan data primer yang didapat langsung dari sumber utama. Studi dokumentasi dilakukan untuk mendapat data sekunder sebagai pelengkap dari sumber primer, sedangkan triangulasi dilakukan untuk memperoleh data yang kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kepemimpinan di SD Negeri Banjarsari pada dasarnya telah mengimplementasikan pemenuhan standar minimal terhadap 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, kemudian budaya kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islam yang membentuk kepribadian Islami berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits mencontoh keteladanan Rasulullah Muhammad SAW yakni melalui sifat-sifat Shiddiq (kejujuran), Tabligh ( nalar tinggi), Amanah (dipercaya ), dan Fathanah (kecerdasan) serta nilai-nilai budaya lokal, dimana gambaran yang jelas tentang pandangan hidup orang Sunda, yaitu masyarakat Sunda dapat hidup dalam kemandiriannya di tengah-tengah masyarakat dan budaya lainnya tentulah pandangan hidup itu bukannya tak mengalami perubahan, akan tetapi disamping yang berubah sesuai dengan keadaan, kiranya terdapat yang tetap, yang tidak berubah, demikianlah pandangan hidup orang Sunda mengandung hal-hal yang stabil dan sekaligus dinamis 2). Budaya kepemimpinan kolektif dan tunggal dalam penerapannya terjadi perbedaan dimana banyak pimpinan banyak kebijakan dan berpengaruh kurang kondusif, kurang harmonis dan masih mementingkan kebijakannya masing-masing hal ini menimbulkan kompetisi kurang sehat dalam lingkungan komplek sedangkan kepemimpinan tunggal penentuan kebijakan terarah, tegas, terkoordinasi dalam satu kesatuan komando pimpinan, sehingga mampu menyatukan pendapat 3). Dampak implementasi budaya kepemimpinan tunggal beroleh hasil kondusifitas kinerja warga sekolah, prestasi yang diraih peserta didik meningkat, menanamkan kejujuran bagi semua warga sekolah, penyediaan fasilitas sarana prasarana pendukung meningkat.Item NASKAH WAWACAN HADIS IBLIS: KAJIAN MAKNA DAN FUNGSI SOSIAL DISERTAI EDISI TEKS(2017-04-15) ARIYANTO; Hazbini; Titin Nurhayati MamunDisertasi berjudul Naskah Wawacan Hadis Iblis (WHI): Kajian Makna dan Fungsi Sosial disertai Edisi Teks” ini membahas tentang karya sastra kuna berbentuk naskah. Di dalamnya berisi tentang cerita dialog antara Nabi Muhammad dan iblis yang disebutkan terjadi di Masjidil Haram. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dengan memanfaatkan teori filologi untuk penanganan naskah, teori sastra untuk analisis makna semiotik teks, dan teori pendidikan untuk analisis tekno-edukatif bidang media pendidikan. Ketiga pendekatan teoretis tersebut sekaligus digunakan untuk mengetahui gambaran mengenai fungsi sosial WHI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WHI (PNRI SD.11) merupakan naskah salinan yang dari segi teksnya memiliki kesamaan dengan sebagian teks Carios Nabi Muhammad sareng Iblis (PNRI SD.48). Sedangkan dari segi wacananya memiliki hubungan terbatas dengan Qissatu Iblis versi Arab, Iblis Namah versi Hindi, dan Hikayat Iblis dan Nabi Muhammad versi Melayu. Sebagai tulisan tangan, teks WHI tidak luput dari kesalahan mekanis berupa omisi (12 kasus), adisi (35 kasus), substitusi (10 kasus), dan transposisi (1 kasus). Oleh sebab itu, dalam penerbitan ini perlu dilakukan perbaikan teks dengan memperhatikan makna leksikal, gramatikal, sintaksikal, patokan pupuh, dan prinsip lectio difficilior. Sebagai karya sastra, WHI tergolong unik karena menempatkan tokoh iblis yang dikenal sosok antagonis sebagai tokoh sentral. Kesan ini muncul dari permainan sudut pandang sastra, dan karenanya bersifat fiktif. Adapun dari sisi pendidikan, dengan menggunakan perspektif Kohlberg, diketahui bahwa WHI merupakan media pendidikan yang dipandang efektif digunakan pada masyarakat moral konvensional yang homogen, yaitu kelompok sosial yang telah mampu menerima proses pendidikan melalui pemodelan.Item Implementasi Nilai-Nilai Luhur Kesundaan dalam Teks Naratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Model Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (Studi Kasus Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Unpad)(2017-06-15) R YUDI PERMADI; Dadang Suganda; WahyaDisertasi yang berjudul: “Implementasi Nilai-nilai Luhur Kesundaan dalam Teks Naratif Bahan Ajar Bahasa Indonesia sebagai Model Pengembangan Kepribadian (Studi Kasus Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Universitas Padjadjaran) ” disusun dengan tujuan memperoleh temuan model pengembangan kepribadian mahasiswa di Universitas Padjadjaran. Penelitian ini dilakukan dengan asumsi bahwa model pengembangan kepribadian melalui pengajaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Bahasa Indonesia belum ada sampai saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif karena penelitian disertasi ini merupakan penelitian kualitatif dengan berdasarkan kepada: (1) merefleksikan fenomena budaya yang terjadi, (2) penekanan pada proses dan makna yang tidak dikaji secara ketat atau belum diukur, (3) sifat penyelidikan yang sarat-nilai, (4) bertautan dengan kajian-kajian kultural dan berciri interpretif, (5) berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, (6) memedulikan proses, bukan hasil atau produk. Adapun sumber data yang disajikan sebagai bahan analisis diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber pustaka dan sumber elektronik. Data pustaka diperoleh dari beberapa referensi yakni buku, jurnal ilmiah, dan media cetak, sedangkan sumber elektronik diperoleh dari internet. Kerangka kajian teori penelitian ini meliputi beberapa teori yang digunakan dalam analisis data, yaitu: kebudayaan, nilai-nilai luhur karakter kesundaan, pandangan hidup kesundaan, struktur kebahasaan, dan teori kepribadian. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai luhur kesundaan yang terkandung dalam teks naratif bahan ajar Bahasa Indonesia dapat menjadi model pengembangan kepribadian mahasiswa Universitas Padjadjaran. Masalah ini perlu diangkat mengingat sampai saat ini belum ada model pengembangan kepribadian melalui bahan ajar yang diterapkan dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis data melalui empat langkah yakni kajian terhadap implementasi nilai-nilai luhur karakter kesundaan dalam teks, implementasi nilai-nilai faktual dalam teks dan indikator kebahasaannya, implementasi nilai-nilai luhur pandangan hidup kesundaan dalam teks , serta implementasi model pembelajaran melalui bahan ajar berbasis nilai luhur kesundaan, diperoleh hasil sebuah model pengembangan kepribadian mahasiswa di Universitas Padjadjaran. vii ABSTRACT This dissertation is title: “The Implementation of Nilai-nilai Luhur Kesundaan (Great Sundanese Values) in The Narrative Text Indonesian Modul as a Model of Develpoment Personality (A Case Study Indonesian Modul at The Universitas Padjadjaran)” are prepared with the purpose of acquiring findings model of development personality student at the University of Padjadjaran.This research is written with the assumption that model of development personality through teaching lecture development personality (MPK) Indonesian Language not existed up to this point. Methods used in research is qualitative for research dissertation is a qualitative research because based on: (1) reflect cultural phenomena happened, (2) emphasis on the process and a meaning that is not examined strictly or not measured, (3) the investigation great value, (4) interlocked with study of culturally and are interpretative, (5) oriented phenomenon or symptoms are natural, (6) regard for the process, not the result or products. As for data sources served as for analysis obtained from two sources, that is a source of library and source of electronic. Data library obtained from several reference the book, scientific journal, and newspaper. Electronic reference, obtain from internet. The study theory this research include some theories used in data analysis , namely: culture , great character values of Sundanese, Sundanese view of life, , linguistic structure, and the personality theory. As for the problems discussed the research is how great values of Sundanese contained in the text narrative modul Indonesian can be a model of development personality Padjadjaran University student. This problem should be appointed as up to now there is no model of personality implemented through Indonesian narrative text modul. Based on the results of an data analysis there ara four steps namely : the implementation of the great values of Sundanese character in the text, the implementation of the great factual Sundanese values in the text and its linguistic indicators, the implementation of the great view of life Sundanese values, and implementation of model personality building character trough Indonesian modul narrative text.Item MODEL PENGEMBANGAN PARIWISATA KREATIF PADA SAUNG ANGKLUNG UDJO, BANDUNG(2017-06-21) FARUK ALFIAN; Reiza D. Dienaputra; Dadang SugandaDisertasi ini merupakan penelitian bidang pariwisata yang mengulas permasalahan pengembangan pariwisata kreatif yang kemudian mencoba membuat model pengembangannya. Penelitian dilakukan di Saung Angklung Udjo, Bandung. Saung Angklung Udjo merupakan destinasi wisata yang telah lama berkembang dalam mempopulerkan angklung baik di masyarakat Indonesia maupun dalam kancah internasional. Saung Angklung Udjo memiliki cara yang unik dan kreatif dalam menampilkan angklung sebagai atraksi wisatanya. Metode penelitian yang digunakan dalam disertasi ini yaitu kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur, dan studi literatur. Informasi dan data yang terkumpul kemudian diverifikasi dan ditelaah dengan teori dan konsep yang telah dibangun. Temuan penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan pariwisata kreatif diperlukan beberapa unsur utama yaitu apa yang penulis sebut sebagai unsur internal, eksternal dan pendampingan oleh pemerintah. Dalam unsur internal mencakup atraksi yang harus bersifat mengajak wisatawan berpartisipasi aktif, mengeksplorasi kreatifitas, mengalami proses belajar, bersifat interaktif dan termasuk ke dalam art by methamorposis. Dalam pengembangan pariwisata kreatif juga diperlukan adanya unsur creative person, creative environment, creative product dan creative process. Pada unsur eksternal perlu memperhatikan dengan baik faktor aksesibilitas, amenitas dan fasilitas, pemasaran (segmenting, targeting, positioning), keterlibatan masyarakat lokal dan jaringan kerjasama. Dalam pengembangan pariwisata kreatif juga tidak boleh melupakan unsur pendampingan oleh pemerintah dimana sebuah destinasi pariwisata kreatif perlu mendapat perhatian pemerintah, baik dari sisi kelembagaan, kebijakan, jaringan kerjasama dan peluang lainnya seperti finansial, pemasaran dan informasi. Dalam pengembangan pariwisata kreatif penulis mengajukan sebuah model pengembangan yang diberi nama "Model Pengembangan Pariwisata Kreatif Berbasis Industri Kreatif Angklung".Item NASKAH AZ-ZIKRA (KITAB PEPELING) KARYA ABDULLAH BIN NUH: Kajian Resepsi, Transformasi, dan Hubungan Antar Teks disertai Edisi Teks(2017-10-05) FENTY SUKMAWATY; Titin Nurhayati Mamun; I. Syarief HidayatNaskah Az-Zikra (Kitab Pepeling) merupakan naskah Islam Nusantara karya pemikir Islam Indonesia, yaitu Abdullah bin Nuh yang berasal dari Cianjur. Naskah Az-Zikra adalah naskah tunggal, ditulis dengan menggunakan huruf Pegon dan berbahasa Sunda, ditemukan di Sukabumi dari pasar Pelita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) didapatkannya teks Az-Zikra yang bersih dari kesalahan mekanis dan nonmekanis, 2) terdeskripsinya kandungan Az-Zikra sebagai saduran dari Ihya‘Ulumiddin, 3) terungkapnya pemahaman Abdullah bin Nuh mengenai Az-Zikra dalam Ihya‘Ulumiddin dalam konteks resepsi sastra. Adapun metode penelitian yang digunakan terhadap naskah Az-Zikra yaitu dengan menggunakan metode standar. Dengan metode ini, suntingan terks yang diduga mendekati aslinya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dari sisi kandungannya teks Az-Zikra merupakan teks tentang teologi. Dari sisi metodologi penyampaian doktrin teologi yang digunakan oleh pengarang Abdullah bin Nuh adalah berupa gabungan antara ilmu kalam dan ilmu tasawuf. Di dalam teks dibahas mengenai 1) kepastian adanya kehidupan setelah mati, 2) proses kematian, 3) kehidupan di alam kubur, 4) keuntungan orang-orang yang beriman, 5) kerugian yang dialami oleh orang-orang yang tidak beriman. Teks Az-Zikra memiliki keterjalinan dengan teks-teks yang menjadi hipogramnya. Penyaduran tidak utuh yang dilakukan Abdullah bin Nuh membuka peluang terjadinya transformasi makna tanpa mengubah amanat utama dari teks yang menjadi sumber saduran. Transformasi makna terjadi karena dilatari oleh budaya tempat pengarang hidup. Melihat hasil dari penyebarannya, naskah Az-Zikra telah berjasa membimbing masyarakat pada masanya, terbukti naskah yang berasl dari Cianjur ini mampu menyebar ke kota Sukabumi. Az-Zikra telah mampu menjaga keimanan kepada akhirat di kalangan muslim dan masih dapat digunakan untuk bahan ajar untuk berbagai kalangan, sekalipun kalah populer dibandingkan dengan buku-buku agama produksi terbaru yang membahas masalah yang sama. Kata kunci: Az-Zikra, Abdullah bin Nuh, kehidupan setelah mati, keberuntungan orang beriman.Item Konstruksi Disneyfikasi Legenda Ikan Dewa Di Objek Wisata Alam Cibulan Sebagai Promosi Wisata(2017-10-09) MARISCA P HAPSARI; Dadang Suganda; Reiza D. DienaputraPenelitian ini adalah mengenai modifikasi cerita Legenda Ikan Dewa sebagai agen promosi wisata Cibulan menggunakan struktur tata nilai Disney. Latar belakang penelitian dilandasi oleh kebutuhan kekinian pariwisata bagi Cibulan yang terkait dengan kehadiran narasi yang berkesan dan memberi nilai rasa. Penambahan nilai yang sifatnya lebih universal dalam Legenda Ikan Dewa dilakukan untuk menjawab kebutuhan tersebut sekaligus agar dapat menyentuh khalayak yang lebih luas. Menemukan sintesis berupa disneyfikasi yang dapat mengakomodir kehadiran nilai-nilai budaya kelokalan Legenda Ikan Dewa adalah temuan yang diajukan penelitian ini. Karena dalam disneyfikasi Legenda Ikan Dewa terjadi pertemuan nilai-nilai budaya kelokalan dan budaya global yang pada dasarnya saling tidak berkesesuaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan tehnik analisis induktif terhadap data yang diperoleh. Data-data dikumpulkan dari hasil observasi lapangan, wawancara dengan tipe purposive sampling tidak terstruktur, dan studi pustaka. Digunakan teori morfologi Vladimir Propp untuk memperoleh kupasan struktur narasi awal Legenda Ikan Dewa, atau yang diistilahkan Propp sebagai struktur purba, sebagai acuan pada proses pembangunan kembali badan cerita ketika didisneyfikasi. Penelitian menyimpulkan, bahwa disneyfikasi yang ideal bagi Legenda Ikan Dewa adalah pertama, struktur nilainya didirikan dari komposisi nilai budaya kelokalan berupa ke-Islam-an, kekeluargaan, dan loyalitas yang harmonis bersanding dengan tata nilai Disney. Dan kedua, pembangunan cerita berasal dari hasil penyusunan diatas sebelas fungsi pelaku dan adanya kehadiran empat pelaku yang sama dengan hasil identifikasi struktur purba dari Legenda Ikan Dewa versi tradisional.Item REPRESENTASI JOKO WIDODO DALAM SURAT KABAR ELEKTRONIK SYDNEY MORNING HERALD, Kajian Corpu-Assisted Critical Discourse Analysis(2018-01-17) DANA WASKITA; Cece Sobarna; Nani DarmayantiABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan representasi Presiden Joko Widodo dalam surat kabar versi online Australia, Sydney Morning Herald, melalui pemberitaan pada periode 2014 – 2016. Analisis wacana kritis dengan bantuan linguistik korpus (Corpus-Assisted Critical Discourse Analysis) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk menganalisis kompilasi korpus dengan menerapkan teknik analitis linguistik korpus seperti frekuensi, kata kunci (keyword), klaster, kolokasi, dan konkordansi. Analisis kuantitatif ini dilengkapi analisis kualitatif untuk memberikan interpretasi yang bermakna dari pola bahasa yang digunakan dalam data. Fitur linguistik yang dominan muncul dalam analisis kuantitatif memberikan petunjuk bentuk leksikal yang dominan. Identifikasi bentuk leksikal yang dominan diklasifikasi menurut prosodi semantiknya: positif, negatif, atau netral. Analisis kualitatif dengan fokus pada bentuk leksikon dilakukan terhadap konkordansi dengan konteks yang lebih luas sehingga dapat terungkap dalam konteks bagaimana sosok Jokowi direpresentasikan secara positif atau negatif. Konteks tersebut berupa topik berita atau periode pemberitaan yang meliputi periode pemilihan presiden 2014, kasus vonis hukuman mati warga negara Australia (Bali Duo), kisruh antara KPK dan tersangka Jenderal Polisi Budi Gunawan, penangkapan dan penembakan aktivis Papua Merdeka, pemilihan kepala daerah DKI dan salah satu calonnya yang diduga menista agama (Ahok), dan kunjungan antarkepala negara (Indonesia-Australia). Karena penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis van Dijk, data dianalisis berdasarkan analisis sosial, teks yang meliputi leksikal dan koherensi, serta kognisi sosial. Dari analisis data ditemukan bahwa Presiden Joko Widodo direpresentasikan sebagai sosok yang lebih terkenal dengan nama Jokowi. Dalam pemberitaan Sydney Morning Herald periode 2014 -2016 Jokowi direpresentasikan secara berbeda-beda. Dalam konteks tertentu, Jokowi direpresentasikan sebagai sosok yang positif, tetapi dalam konteks yang lain beliau direpresentasikan secara negatif. Ketidakkonsistenan tersebut mengungkapkan keberpihakan SMH yang dilatar belakangi ideologi media tersebut. Kata kunci: representasi, linguistik korpus, analisis wacana kritis, Jokowi ABSTRACT This study aims to reveal the representation of President Joko Widodo in the Australian online newspaper, Sydney Morning Herald, through the news in the period of 2014 - 2016. The critical discourse analysis assisted by corpus linguistic (Corpus Assisted Critical Discourse Analysis) combining quantitative and qualitative approaches is used to analyze corpus compilations by applying analytical techniques of corpus linguistic such as frequency, keyword, cluster, collocation, and concordance. The quantitative analysis was accompanied by qualitative analysis to provide a meaningful interpretation of the language patterns used in the data. The linguistic features that dominantly appear in quantitative analysis provide a hint of the dominant lexical form. The identification of the dominant lexical form is classified according to its semantic prosodies: positive, negative, or neutral. Qualitative analysis with a focus on the lexicon form is done on the concordance with the broader context so it can be revealed in the context of how Jokowi`s figure is represented positively or negatively. The context consists of news topics or periods of news covering the period of 2014 presidential election, the death sentence case of an Australian citizen (Bali Duo), the chaos between the KPK and Police General Budi Gunawan suspects, the arrest and shooting of Papuan Merdeka activists, the election of the head of DKI Jakarta and one of his candidates who was allegedly defamed the religion (Ahok), and mutual visits of state leaders (Indonesia-Australia). Because this study uses the theory of van Dijk’s critical discourse analysis, the data are analyzed based on social analysis, the text covering lexical and coherence, and social cognition. From the data analysis it was found that President Joko Widodo represented as a figure who is more famous by the name Jokowi. In the news of the Sydney Morning Herald period 2014 -2016 Jokowi was represented differently. In certain contexts, Jokowi was represented positively, but in another context he was represented negatively. The inconsistency reveals SMH`s alignment with the background of the media ideology. Keyword: representation, corpus linguistics, critical discourse analysis, JokowiItem HAJI MOEHAMAD BASIOENI IMRAN (1885-1976): Ulama Pembaru dari Kerajaan Sambas Kalimantan Barat(2018-01-22) ZULKIFLI; Nina Herlina Sukmana; WidyonugrahantoMoehamad Basioeni Imran adalah seorang ulama yang pernah belajar kepada Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau dan Syaikh Muhammad Rasyid Ridha. Berbekal pendidikan dari dua ulama yang berbeda tipologi tersebut, pada 1913 Basioeni Imran diangkat sebagai Maharaja Imam, pejabat kerajaan Sambas yang mengurusi agama Islam. Sebagai Maharaja Imam, Basioeni Imran tetap menyampaikan pemikiran pembaruan Islam ke tengah masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, muncul masalah: Bagaimana Basioeni Imran memainkan perannya sebagai ulama pejabat atau pejabat agama sekaligus ulama yang melakukan pembaruan? Pertanyaan utama ini kemudian dirinci menjadi beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana konteks sosial, budaya dan politik kehadiran Basioeni Imran sebagai pembaru? (2) Bagaimana pemikiran Basioeni Imran dalam berbagai aspek (teologi, hukum, tafsir, pendidikan)? (3) Bagaimana pendapat Basioeni Imran tentang kemunduran umat Islam? Untuk menjawab masalah dan pertanyaan tersebut digunakan teori cultural broker dari Eric Wolf yang kemudian diperkuat oleh Clifford Geertz, konsep tiga sumber legitimasi otoritas Max Weber dan konsep tiga model ulama: ulama bebas, pejabat agama dan tokoh organisasi dari Taufik Abdullah. Secara teknis, penelitian ini menerapkan metode sejarah yang dimulai dengan penelusuran sumber, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun berkedudukan sebagai ulama pejabat atau pejabat agama, namun hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi Basioeni Imran dalam menyampaikan pemikiran pembaruannya sebagai katalisator budaya. Hal ini terkait dengan kondisi lokal kerajaan Sambas yang menempatkan para pejabat keagamaan juga berkedudukan sebagai ulama pembimbing umat yang bergerak di bidang tabligh dan pendidikan. Sosio kultural yang dihadapi Basioeni Imran adalah umat yang terbelakang dengan maraknya perselisihan, perbantahan dan perpecahan. Sumber masalahnya adalah merebaknya sikap taklid dan fanatisme sempit. Jalan keluar yang ditawarkan sebagai bagian dari proyek pembaruannya adalah perlunya membuka kembali pintu ijtihad. Pemikiran keagamaan Basioeni Imran masih dalam kerangka bermazhab, yaitu dalam bingkai besar Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah, khususnya dalam lingkup mazhab Asy`ariyah (teologi) dan Syafi’iyah (fikih). Meskipun masih dalam koridor bermazhab, pemikiran Basioeni Imran banyak dipengaruhi pemikiran gurunya Rasyid Ridha. Gerakan pembaruan nyata yang dilakukannya adalah melakukan transformasi lembaga pendidikan Madrasah al-Sulthaniyah menjadi Sekolah Tarbiatoel Islam yang berciri pendidikan modern. Reformasi yang dilakukannya adalah reformasi yang lembut (soft reformation), untuk memajukan masyarakat dengan tidak menimbulkan perselisihan, perbantahan dan gejolak yang kontra produktif bagi proyek pembaruannya itu sendiri.Item Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Efektif (Studi Kasus Sma Negeri 1 Sumedang Kabupaten Sumedang)(2018-01-23) SYARIF HIDAYAT; Mumuh Muhsin Z; Tajudin NurDisertasi yang berjudul: “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Efektif” dengan studi kasus SMA Negeri 1 Sumedang kabupaten Sumedang disusun dengan tujuan memperoleh model kepemimpinan di dalam pengelolaan pendidikan di SMA Negeri 1 Sumedang. Penelitian ini dilakukan dengan asumsi bahwa model kepemimpinan kepala sekolah yang mewujudkan budaya sekolah efektif belum ada sampai saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pada suatu studi kasus karena penelitian disertasi merupakan penelitian kualitatif dengan berdasar kepada: (1) merefleksikan fenomena budaya yang terjadi, (2) penekanan pada proses dan makna yang dikaji secara ketat atau belum terukur, (3) sifat penyelidikan yang sarat-nilai, (4) berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, (5) memedulikan proses bukan hasil atau produk. Kerangka kajian teori ini meliputi beberapa teori yang digunakan dalam analisis data, seperti teori kepemimpinan, seperti teori sifat, teori prilaku, teori situasional, teori kewibawaan, teori Neokarismatik, dan teori visioner, teori kepala sekolah, teori budaya sekolah dan teori sekolah efektif. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah mengelola sekolah efektif dan mewujudkan budaya sekolah efektif pada SMA Negeri 1 Sumedang kabupaten Sumedang. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh peneliti secara langsung (dari tangan pertama), sementara data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti dari sumber yang sudah ada. Data primer diperoleh melalui wawancara peneliti dengan beberapa nara sumber secara mendalam dan observasi terhadap aktivitas guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan penguatan karakter. Data sekunder diperoleh melalu kajian dokumen Studi dokumen ini adalah pengumpulan data melalui sumber-sumber tertulis yang ada di SMA Negeri 1 Sumedang yang sebagian besar data yang tersedia adalah berbentuk dokumenter seperti buku-buku, surat-surat, catatan harian, laporan, gambar, foto, video, dan data yang tersimpan di website atau harddisk. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh gambaran bahwa kepemimpinan kepala sekolah unggul ini memiliki enam dimensi kepemimpinan. Enam dimensi kepemimpinan unggul ini adalah cakap dan berkarakter, demokratis, efektif dan dinamis, berwibawa, karismatik dan visioner. Selain enam dimensi kepemimpinan unggul, ditemukan adanya lokalitas kepemimpinan kepala sekolah yaitu handap asor dan leuleus jeuejur liat tali landung kandungan laer aisan.Item PERSESUAIAN PREDIKAT- SUBJEK DALAM BAHASA ARAB, KONSTRUKSI KALIMAT VERBAL : Analisis Morfosintaksis(2018-02-13) TB. ACE FAHRULLAH; Cece Sobarna; Tajudin NurPenelitian ini berjudul “Persesuaian Predikat-Subjek dalam Bahasa Arab, Konstruksi Kalimat verbal: Analisis Morfosintaksis”. Persesuaian predikat-subjek merupakan persesuaian bentuk kata dalam sebuah kalimat, yakni persesuaian kata dalam fungsional predikat-subjek dengan segala unsur pemarkahnya, hubungan antara satu kata dengan kata yang lain untuk saling mengikat menjadi sebuah konstruksi kalimat yang berbudaya, menarik, baik dan benar. Metode yang digunakan untuk mengkaji persesuaian predikat subjek dalam bahasa Arab, konstruksi kalimat verbal adalah metode deskriptif analistik, untuk mengumpulkan data digunakan metode agih atau metode distribusional, untuk teknik pengumpulan data digunakan metode pemilihan unsur langsung, sedangkan untuk pengkajian hasil analisis data digunakan meotde menyimak dengan teknik padan referensial. Unsur yang tejadi persesuaian predikat-subjek dalam bahasa Arab, ada tiga unsur utama, yaitu: (1) النوع [al-na’u] ’gender’ kategori maskulin dan feminin. (2) العدد [al-‘adad] ’numeralia’ kategori tunggal, dual, dan jamak atau plural, dan (3) الشخص [al-syakhshu] ’persona’ yakni persona ke-1, persona ke-2, dan persona ke-3. Dalam konstruksi kalimat verbal [ فعلية جملة], kelas kata yang terlibat dalam persesuaian predikat-subjek, yaitu kelas kata verba dan kelas kata nomina. Kelas kata verba berfungsi sebagai predikat, dalam istilah bA sebagai مسند . Kelas kata nomina berfungsi sebagai subjek, untuk verba aktif /maklum digunakan istilah dalam bA sebagai fa’l [فاعل] ‘pelaku’ untuk verba pasif/majhūl digunakan istilah naib fa’l [ نائب الفاعل] ’peran pengganti’ atau istilah lain dalam bA sebagai musnad ilayh [اليه مسند ] Persesuaian predikat-subjek dalam kajiannya dibahas kaidah-kaidah morfologi dan sintaksis. Pada bidang morfologi [ الصرف] diungkap kategori verba [فعل] baik verba lampau [ الفعل الماضي] maupun verba kini/akan [الفعل المضارع ] dengan segala aspek perubahan bentuk katanya [konjugasi/ التصريف]. Sedang untuk kelas kata nomina, kelas adjektiva [ نعت ], dan kata kelas pronomina [الضمير ] diungkap pula dengan segala aspek perubahan bentuk kata [derivasi /الاشتقاق]. Pada tataran sintaksis / علم النحو[ilmu nahwu] dibahas meliputi fungsi-fungsi sintaksis وظيفة النحو[wadzifatu al-nahwi], sebagai predikat dan subjek dengan segala bentuk dan pemarkah-pemarkahnyaItem TINDAK TUTUR KIAI JAWA DALAM PENGAJIAN: KAJIAN ETNOPRAGMATIK(2018-02-27) SETIAWAN EDI WIBOWO; Ypsi Soeria Soemantri; WahyaDisertasi ini berpijak pada etnopragmatik yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tindak tutur kiai Jawa, strategi tindak tutur kiai Jawa, dan nilai budaya Jawa yang terkandung pada tuturan kiai Jawa dalam pengajian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat etnografi sinkronis. Data dideskripsikan secara eksplanatif dengan data berupa tuturan kiai yang berasal dari Jawa Tengah (Rembang dan Demak) berdialek Mataraman dan Jawa Timur (Tuban) berdialek pantura dalam kegiatan pengajian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi yang berteknik lanjutan teknik rekam, simak, dan catat. Etnopragmatik didukung oleh teori-teori ekletik, yaitu teori tindak tutur Searle (1979), strategi tindak tutur Wijana (1996), (Rahardi, 2005), dan (Kridalaksana, dkk,. 2001), serta nilai budaya Jawa Geertz (1961) sebagai teori utama, Suseno (1985), Gunarwan (1996), Mardimin (2010), dan Pranowo (2012) sebagai teori pendukung. Temuan penelitian ini berupa perwujudan tindak tutur kiai Jawa yang dapat diperikan menjadi pelbagai kategori dan subkategori tindak tutur, yakni: (1) tindak tutur asertif (TTA), termanifestasikan dalam sub-TTA: menginformasikan sesuatu, menjelaskan, menceritakan, menggambarkan, meyakinkan, menyindir, dan mengutamakan; (2) tindak tutur direktif (TTD), termanifestasikan dalam sub-TTD: melarang, memerintah, mengajak, mengkritik, dan menyarankan; (3) tindak tutur komisif (TTK), termanifestasikan dalam sub-TTK: menawarkan; (4) tindak tutur ekspresif (TTE), termanifestasikan dalam sub-TTE: mendoakan, memuji, menyanjung, merendah, kesungkanan, keengganan, menghormati, mengeluh, berkelakar, dan menyalahkan. Strategi tindak tutur kiai Jawa dalam pengajian dimanifestasikan dalam empat cara, yaitu: tindak tutur langsung literal, tindak tutur tidak langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Kiai Jawa memiliki jiwa Jawi dan masih mempertahankan serta memegang teguh prinsip-prinsip tiang Jawi ‘orang Jawa’. Wujud pematuhan terhadap nilai-nilai budaya Jawa, oleh kiai dalam pengajiannya diejawantahkan dalam bentuk: (1) prinsip rukun (rukun) termanifestasikan dalam sikap rendah hati (andhap asor), sikap menyesuaikan diri (empan papan), sikap menjaga perasaan (njaga rasa), sikap mengadu dan mengolah ketajaman perasaan (adu rasa dan angon rasa), sikap mau bekorban, sikap mawas diri (mulat salira), sikap tenggang rasa (tepa selira), dan sikap bersaudara (semedulur) yang tercermin dalam sikap mengkritik, sikap berbagi, sikap sabar, sikap jujur, sikap pemaaf (sugih pangapura), dan sikap mendoakan; (2) prinsip hormat (kurmat) termanifestasikan dalam sikap menghormati, sikap menyanjung, dan sikap keseganan.Item Tindak Tutur Penghinaan sebagai Representasi Tindak Kekerasan Verbal dalam Meme Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014(2018-03-27) ODIN ROSIDIN; Tajudin Nur; Nani SunarniPenelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tindak tutur penghinaan yang diungkapkan dalam meme Pilpres 2014 sebagai tanggapan, opini, dan kritik. Penelitian ini bertujuan merumuskan pengungkapan tindak tutur penghinaan dalam meme wacana monolog, dialog, dan nonmonolog atau nondialog Pilpres 2014. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian kualitatif deskriptif ini adalah teori tindak tutur Searle (1975); teori sumpah serapah yang dikemukakan oleh Montagu (1967/1973) dan didukung oleh teori klasifikasi makian yang dikemukakan oleh Hughes (1991) serta teori bentuk makian yang dikemukakan Wijana dan Rohmadi (2007); teori prinsip kerja sama yang dikemukakan Grice (1975); teori prinsip kesantunan yang dikemukakan Leech (1983); teori implikatur yang dikemukakan Grice (1975); dan teori tipe wacana yang dikemukakan oleh Wijana (2003). Penyediaan data dilakukan dengan metode simak dengan menerapkan teknik sadap. Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kontekstual. Dari analisis data penelitian ini diperoleh temuan bahwa pengungkapan tindak tutur penghinaan dengan tindak tutur lokusi dalam meme wacana monolog meliputi (1) makian dan (2) lontaran. Pengungkapan penghinaan dengan tindak tutur ilokusi dalam meme wacana monolog meliputi (1) asertif, (2) komisif, (3) ekspresif, dan (4) direktif. Pengungkapan penghinaan dengan tindak tutur lokusi dalam meme wacana dialog meliputi (1) makian, (2) lontaran, dan (3) kutukan. Pengungkapan penghinaan dengan tindak tutur ilokusi dalam meme wacana dialog meliputi (1) asertif, (2) komisif, (3) ekspresif, dan (4) direktif. Berdasarkan mekanisme pragmatik yang digunakan untuk merealisasikan tindak tutur penghinaan, ditemukan dua jenis pengungkapan, yaitu (1) pelanggaran terhadap prinsip kerja sama dan (2) pelanggaran terhadap prinsip kesantunan. Pengungkapan penghinaan dengan tindak tutur lokusi dalam meme wacana nonmonolog atau nondialog hanya dilakukan dengan makian. Pengungkapan penghinaan dengan tindak tutur ilokusi dalam meme wacana nonmonolog atau nondialog meliputi (1) asertif dan (2) ekspresif.Item NASKAH AS-SIRRU AL-QUDSῙ FῙ TAFSῙRI ᾹYAT AL-KURSῙ KARYA SYAIKH MANṢŪR AL-ṬABLĀWῙ: EDISI TEKS DAN KAJIAN ESTETIKA RESEPSI(2018-06-22) OTONG SULAEMAN; Wahidin Loekman; I. Syarief HidayatDisertasi ini meneliti naskah kuna Al-Sirr Al-Qudsī fī Tafsīri Ayat Al-Kursī (SQ) yang ditulis oleh Syaikh Manṣūr Al-Ṭablāwi pada abad ke-16. Tujuan penelitian ini adalah terungkapnya bentuk asli teks SQ serta resepsi estetis Al-Tablawi terhadap Ayat Kursi (AK). Untuk mencapai tujuan itu, peneliti melakukan dua tahap penelitian. Yang pertama, penelitian filologis, yang meliputi upaya rekonstruksi teks (kritik teks, edisi teks, transliterasi, dan penerjemahan). Kedua, penelitian dari aspek sastra yang menggunakan pendekatan estetika resepsi dengan perspektif ilmu tafsir serta pendekatan interteks. Dari penelitian ini, diperoleh bentuk asli, transliterasi, dan terjemahan dari teks SQ, yang menunjukkan bahwa naskah SQ masih tetap bisa dibaca dan dipahami dengan sangat baik oleh masyarakat zaman sekarang. Dari aspek sastra ditemukan bahwa naskah SQ merupakan resepsi estetis Al-Ṭablāwi terhadap AK, dengan alasan: (1) Keseluruhan teks pada naskah SQ berisikan kongkretisasi Al-Ṭablāwi terhadap AK; (2) saat menuliskan naskah SQ, Al-Ṭablāwi memiliki horison harapan yang terkait erat dengan latar belakangnya sebagai seorang ulama; (3) Al-Ṭablāwi adalah pembaca implisit yang diciptakan oleh AK; (4) Al-Ṭablāwi memiliki kompetensi yang memadai sebagai penanggap AK; serta (5) teks SQ menjadi pelengkap mozaik tanggapan atas teks AK. Lebih jauh lagi, dalam perspektif ilmu tafsir, teks SQ mengambil bentuk tafsir bi al-ma`ṡur, menggunakan metode tahlīlī, dan bercorak kalāmi. Selain itu, dari pendekatan interteks ditemukan bahwa ketika menyusun kitab tafsirnya ini, Al-Ṭablāwi dipengaruhi oleh minimalnya 33 teks lain. Adapun temuan baru dari penelitian ini adalah bahwa sebuah teks penanggap bisa merupakan bentuk decoding atas teks yang ditanggapi.Item Pertumbuhan Morfologi Kota-Kota Pusat Pemerintahan di Priangan pada Abad XX Awal Abad XXI(2018-06-29) MIFTAHUL FALAH; Mumuh Muhsin Z; Kunto SofiantoDisertasi ini memfokuskan pada kajian pertumbuhan kota-kota pusat pemerintahan di Priangan dalam kurun waktu Abad XX hingga Awal Abad XXI dengan pendekatan morfologi kota. Dalam kajian ini, terdapat empat pokok permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut. Pertama, bagaimana proses perluasan wilayah kota-kota pusat pemerintahan di Priangan? Kedua, sejauhmana hubungan antara perubahan tata guna lahan dengan ekspresi keruangan kota-kota pusat pemerintahan di Priangan? Ketiga, bagaimana ruang terbuka dibangun dalam konstelasinya dengan penataan ruang kota? Keempat, sejauhmana bangunan dan monumen dapat memainkan fungsinya sehingga menjadi sebuah simbol kota? Untuk memperoleh jawaban atas pokok permasalahan itu, dilakukan penelitian historis yang dalam prosesnya menggunakan metode sejarah. Dalam tataran operasional, metode sejarah dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Untuk memberikan eksplanasi terhadap perubahan fisik kota, digunakan pendekatan morfologi kota yang mencakup yakni teori perluasan kota dari M. R. G. Conzen dan R. M. Northam, teori ekspresi keruangan dari Rob Krier, teori pola jalan dari R. M. Northam dan Hadi Sabari Yunus, konsep ruang terbuka dari Rob Krier, dan konsep simbol kota dari J. M. Nash. Teori-teori tersebut mendasarkan pada gagasan bahwa tidak ada satu kota pun yang tidak mengalami perubahan fisik kota, terdapat hubungan yang sangat jelas antara pertumbuhan fisik kota dan perluasan kota dan pola jalan sebagai elemen kuat bagi kenampakan fisik sebuah kota. Hasil penelitian menunjukkan perubahan fisik kota-kota di Priangan memiliki korelasi positif dengan masalah kependudukan dan berdampak pada perluasan wilayah administrasi kota-kota pusat pemerintahan di Priangan. Pertambahan jumlah penduduk pun berdampak pada semakin berkurangnya lahan pertanian dan lahan terbuka karena dipergunakan untuk pemukiman, perekonomiam, pendidikan, dan industri. Perencanaan penataan ruang kota, khususnya di Kota Bandung, pernah menunjukkan suatu upaya untuk penguatan kekuasaan Pemerintah Hindia Belanda secara budaya dengan mengadopsi kepercayaan hubungan antara makrokosmos dan mikrokosmos. Akibat penggunaan lahan pertanian untuk pembangunan gedung-gedung, ruang terbuka hijau di kota-kota pusat pemerintahan di Priangan tidak memenuhi persentase yang berimbang dengan luas wilayahnya. Namun demikian, beberapa taman kota dibangun untuk memberi penguatan terhadap nilai estetika kota dan sebagai tempat terjadinya interaksi sosial di antara penduduk kota. Bangunan, baik yang lama maupun yang baru, monumen, dan penamaan jalan menunjukkan upaya penguatan jatidiri kota sehingga simbol kota yang begitu khas.Item Verba Frasal Berpartikel Through dalam British National Corpus: Kajian Sintaktis dan Semantis(2018-07-30) DIANA ANGGRAENI; Lia Maulia Indrayani; Eva Tuckyta Sari SujatnaDisertasi ini berjudul “Verba Frasal Berpartikel Through dalam British National Corpus: Kajian Sintaktis dan Semantis”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji jenis, makna, dan ketersulihan verba frasal berpartikel through yang ditemukan dalam British National Corpus. Teori sintaksis dari Biber, et al. (1999) dan Celce- Murcia (1999) digunakan untuk mengetahui perilaku sintaksis dan sifat keterpisahan verba frasal berpartikel through dalam British National Corpus. Teori dari Allsop (1990), Celce-Murcia (1999), McCarthy dan O’Dell (2004) dan Djajasudarma (2013) digunakan untuk menganalisis perilaku semantik mengenai makna verba frasal berpartikel through dalam British National Corpus yang ditemukan dan ketersulihan verba frasal dengan verba tunggal dan verba frasal lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dalam pemahaman memotret data apa adanya. Metode distributional digunakan untuk mengkaji data yang berbentuk verba frasal berpartikel through dalam British National Corpus yang telah dikumpulkan dengan metode simak, teknik catat dan identifikasi kemudian dicarikan maknanya berdasarkan kamus. Hasil penelitian verba frasal berpartikel through dalam British National Corpus memperlihatkan lima jenis verba frasal berpartikel through antara lain verba frasal transitif terpisahkan dinamis, verba frasal transitif terpisahkan statif, verba frasal transitif takterpisahkan dinamis, verba frasal intransitif dinamis dan verba frasal intransitif statif. Kategori makna dalam verba frasal berpartikel through didasarkan pada karakteristik tiap-tiap verba frasal tersebut, kategori makna verba frasal berpartikel through, yaitu: makna literal berupa makna gerakan melewati/melalui; makna aspektual berupa makna durasi dan penyelesaian; makna idiomatis berupa makna pungtual dan komunikasi. Dari segi ketersulihan, verba frasal berpartikel through dalam British National Corpus dapat disulih oleh verba tunggal dan verba frasal lain.Item KONSTRUKSI REFLEKSIF BAHASA JERMAN: SATU KAJIAN SINTAKTIS DAN SEMANTIS(2018-07-30) EDY HIDAYAT; Dian Indira; Cece SobarnaABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan konstruksi refleksif bahasa Jerman, jenis-jenis verba yang hadir bersama pronomina refleksif, dan peran semantis pronomina refleksif bahasa Jerman secara sintaktis dan semantis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Häussermann (1992), Helbig-Buscha (2005), Schulte (2004), dan Engels & Vikner (2006). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode kajian padan dan kajian distribusional. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (I) (a). Konstruksi refleksif bahasa Jerman dimarkahi oleh pronomina refleksif. Pronomina refleksif hadir karena tuntutan verbanya, baik verba transitif maupun verba intransitif. (b) Berdasarkan sifat kehadiran pronomina refleksifnya, verba dibedakan menjadi dua, yaitu verba yang harus selalu hadir dengan pronimina refleksif (obligatoris) dan verba yang tidak selalu muncul dengan pronomina refleksif (opsional). (c) Subjek pada konstruksi refleksif dapat berwujud noninsani dan sebagian besar memiliki makna pasif meskipun strukturnya aktif. (d) Konstruksi verba lassen + PR + infinitif dapat membangun konstruksi refleksif dengan makna pasif. (II) (a) Verba refleksif dapat mengisi ketiga jenis verba berdasarkan kriteria semantis, yaitu verba aktivitas, verba proses, dan verba keadaan. Jumlah verba refleksif yang paling banyak ditemukan adalah pada kelompok verba aktivitas. Selanjutnya diikuti oleh verba proses, dan verba keadaan dengan jumlah yang lebih sedikit. (b) Berdasarkan kesamaan makna leksikal dan konseptual verbanya ditemukan hasil sebagai berikut. Label semantis yang ditemukan verba refleksif secara berurutan adalah verba (1) manner of motion, (2) insistence, (3) emotion dan verba perception, (4) communication dan position, (5) quantum change dan existence, (6) support, (7) Propositional attitude, moaning, dan elimination, (8) observation, description, speculation, (9) statement, presentation, production, renovation dan consumption, dan (10) desire, manner of articulation, basic, inference, result dan opening. (III) Pronomina Refleksif dapat mengisi fungsi pelengkap, bersama verba mengisi fungsi predikat, dan keterangan. (IV) Peran semantis yang disandang PR adalah (a) peran patiens, sebagian besar verba ini merupakan verba teilreflexiv. (2) peran benefaktif dengan verba reinreflexiv (obligatoris) dan ada teilreflexiv (opsional). (3) Pronomina refleksif yang tidak memiliki peran semantis ditemukan pada verba-verba reinreflexiv dengan label semantis verba emosi.Item SINTAGMATIK LEKSEM OVER DALAM BAHASA INGGRIS: KAJIAN MORFOSINTAKTIK(2018-08-23) ERVINA C.M. SIMATUPANG; Tajudin Nur; Ypsi Soeria SoemantriDisertasi ini berjudul “Sintagmatik Leksem Over dalam Bahasa Inggris: Kajian Morfosintaktik”. Tujuan penulisan disertasi ini menganalisis jenis kategori yang berkolokasi dengan over dalam Bahasa Inggris, dan makna apa yang dihasilkan dari leksem over. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data diambil dari Corpus of Contemporary American English (COCA). Teori-teori yang digunakan mengenai morfologi menggunakan teori O’Grady (1993), McManis (1987) dan Trask (1999)). Over sebagai prefiks menggunakan teori Scott (1996) dan McCarthy (2002). Teori yang digunakan mengenai sintaktis adalah teori Greenbaum &Nelson (2000), Huddleston (2002), Downing (2006), Carnie (2007), Moerley (2000). Pemahaman sintagmatik mengacu pada teori Kridalaksana (2002:223), Harmann & Stork (1972:231) dan Chaer (2007:349). Peneitian ini menghasilkan, pertama, over sebagai adjektiva berkolokasi dengan state verb. Kedua, over sebagai partikel adverbial berkolokasi dengan action verb atau verba tindakan. Ketiga, over sebagai prefiks, over melekat dengan nomina, verba dan adjektiva. Makna yang diungkapkan dari over dipengaruhi oleh kategori yang mengikutinya. Over sebagai prefiks menambah makna pada kata yang melekat pada over, yaitu mengungkapkan makna berlebihan (excessive), too much, over sebagai adjektiva mengungkapkan makna berakhir atau selesai, dan over sebagai partikel adverbial mengungkapkan makna aspektual atau semi idiomatik dan makna idiomatik. Kata kunci: over, prefiks, adjektiva dan partikel adverbialItem Penentuan Pilihan Konstruksi Diatesis oleh Penutur pada Teks Naratif Pribadi Bahasa Jepang: Pendekatan Indeksikal Konteks Konstitutif(2018-09-13) OTSUKA HIROKO; Cece Sobarna; Dadang SugandaPenelitian disertasi yang berjudul Penentuan Pilihan Konstruksi Diatesis oleh Penutur pada Teks Naratif Pribadi Bahasa Jepang : Pendekatan Indeksikal Konteks Konstitutif ini mengkaji penentuan pilihan konstruksi diatesis oleh penutur pada data teks naratif pribadi bahasa Jepang melalui fungsi dan makna indeksikal referensial dan nonreferensial pada konstruksi diatesis bahasa Jepang. Fungsi dan makna konstruksi diatesis bahasa Jepang merupakan makna penentu dalam pilihan konst-ruksi oleh penutur. Mengenai metode, fungsi dan makna konstruksi diatesis dijelaskan dengan menggunakan kerangka indeksikal referensial dan nonreferensial, yaitu konsep yang dikembangkan pada bidang linguistik antropologis dan semiotika sosial. Selain kerangka tersebut digunakan pula teori linguistik kognitif untuk memahami construal penutur secara subjektif dan deiktis. Dalam menganalisis fungsi dan makna indeksikal pada konstruksi pilihan aktual, digunakan metode pengontrasan paradigmatis, yaitu metode yang mengacu pada konsep kunci teori linguisitk fungsional sistemis. Hubungan paradigmatis yang dianalisis di sini ialah hubungan paradigmatis antarkonstruksi yang diasumsikan peneliti disertasi ini melalui pengkajian teoretis dan ditampilkan pada peta jaringan pilihan paradigmatis konstruksi diatesis. Hasil penelitian disertasi ini menunjukkan bahwa dalam pertimbangan konteks konstitutif, penutur memilih makna indeksikal referensial seperti makna keterlibatan penutur dalam peristiwa, direksionalitas tindakan, makna keterpengaruhan, dan kausativitas serta makna penilaian positif atau negatif terhadap peristiwa, dan memilih makna indeksikal nonreferensial stance sosial seperti stance menjaga citra diri, sikap tegas atau lembut dan sebagainya. Terdapat pula makna yang bersifat gradual di antara indeksikal referensial dengan nonreferensial seperti makna status dan kekuasaan sosial, disposisi afektif, dan di antara makna indeksikal referensial dengan nonreferensial terdapat suatu keterkaitan. Makna-makna tersebut berfungsi rekontekstualisasi dan prekontekstualisasi konteks, dan berkontribusi mengonstitut konteks sosial budaya. Kerangka analisis pilihan konstruksi paradigmatis serta pendekatan indeksikalitas referensial dan indeksikal nonreferensial yang diterapkan pada penelitian disertasi ini terbukti efektif dalam memperjelas ihwal penentuan pilihan konstruksi oleh penutur dan sistem diatesis bahasa Jepang yang terbentuk atas pilihan paradigmatis berdasarkan makna konteks konstitutif. Kata kunci: fungsi konteks konstitutif, indeksikal nonreferensial, indeksikal referensial, makna sosial budaya, pilihan paradigmatisItem Strategi Persuasif pada Tuturan Cerita Anak Berbahasa Inggris: Kajian Stilistika Pragmatik(2018-09-27) RETNO PURWANI SARI; Nani Darmayanti; Cece SobarnaPenelitian ini memperdebatkan cara bahasa mengontrol tindakan secara persuasif yang dilakukan melalui strategi persuasif dalam wujud gaya berbahasa. Stategi persuasif jenis ini digunakan pula pada cerita anak dengan tujuan menstimulasi dan mengembangkan kematangan moralitas anak. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan cara bahasa mengontrol tindakan secara persuasif dengan fokus pada: (1) jenis strategi persuasif yang dipilih dan penanda linguistiknya; (2) bentuk tindak tutur yang digunakan; serta (3) fungsi penggunaan strategi persuasif dan gaya berbahasa pada cerita anak berbahasa Inggris. Untuk membuktikan hipotesis, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis; menerapkan teknik BSC untuk mengumpulkan data dan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan fenomena kebahasaan pada data tuturan. Mengadaptasi kajian stilistika pragmatik gagasan Clark (2009), penelitian ini memanfaatkan kaidah-kaidah pragmatik ancangan Searle (1979) untuk analisis stilistika model Leech dan Short (2007), yakni gaya berbahasa dan strategi persuasif Johnstone (1989). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pilihan gaya berbahasa dan pilihan strategi persuasif sebagai wujud tuturan cerita anak berpotensi memotivasi keberhasilan fungsi persuasif cerita anak. Strategi persuasif pada penelitian ini diidentifikasi sebagai strategi kuasilogika, strategi presentasi, dan strategi analogi dengan frekuensi kemunculan tertinggi berada pada strategi presentasi, disusul strategi kuasilogika dan strategi analogi. Sementara itu, pilihan gaya berbahasa ditunjukkan melalui pilihan penanda linguistik yang meliputi pilihan: kategori leksikal, kategori gramatikal, gaya bahasa dan konteks-kohesi, serta pilihan bentuk tindak tutur, yakni tindak tutur ilokusi tak langsung dan tindak tutur ilokusi langsung. Bentuk tindak tutur ilokusi tak langsung mendominasi pilihan bentuk tindak tutur dari tuturan cerita anak berbahasa Inggris. Efektivitas strategi persuasif yang dimanifestasikan melalui pilihan gaya berbahasa memicu proses pengembangan kematangan moralitas anak. Hal ini menawarkan satu cara bagi orang dewasa menstimulasi kematangan anak.