S2 - Magister
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S2 - Magister by Subject "accessibility"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA LEBAKMUNCANG CIWIDEY JAWA BARAT(2021-01-06) MICHAEL M; Arianis Chan; Sam'un Jaja RaharjaDesa Wisata Lebakmuncang memiliki potensi destinasi wisata berbasis kearifan lokal maysarakat. Potensi desa wisata merupakan sektor pariwisata strategis yang mampu menarik wisatawan dan meningkatkan pendapatan ekonomi masayarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang optimal untuk menentukan faktor-faktor strategis yang mampu memenuhi standar dan meningkatkan daya saing Desa Wisata Lebakmuncang. Tujuan dari penelitian Tesis ini adalah untuk mengetahui kualitas atribut destinasi wisata yang terdiri dari komponen 6A (Attractions, Accessibility, Available Packages, Activities, and Ancillary Service) dari 2 sudut pandang yaitu dari pengelola Desa Wisata Lebakmuncang dan berdasarkan tanggapan wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan, didapatkan bahwa tanggapan informan terhadap atribut yang ditawarkan Desa Wisata Lebakmucang dipersepsikan positif terhadap enam komponen atribut wisata yakni sebagai destinasi wisata alam dan wisata budaya, memiliki aksesibilitas yang mudah dijangkau, memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan akomodasi, menyediakan paket perjalanan dengan biro wisata dan memberi layanan paket wisata yang sebanding dengan harga yang dibayarkan, memiliki suasana yang mendukung aktivitas yang dapat memberi pengalaman langsung terkait eksplorasi alam, budaya, kuliner khas, dan bakti sosial, adanya layanan tambahan yang memberi kemudahan jaringan telekomunikasi, serta memiliki pemandu yang ramah. Secara tidak langsung atribut pariwisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Lebakmuncang dapat menarik jumlah kunjungan, kepuasan, dan loyalitas wisatawan.