Sosiologi (S3)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Sosiologi (S3) by Subject "Budaya Organisasi"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PENGARUH KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN NABIRE PROVINSI PAPUA(2012-10-18) VINCE TEBAY; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Dalam kurun waktu berlakunya orde lama dan orde baru, pola anutan birokrasi di Provinsi Papua bergantung pada ekologi politik yang sangat didominasi oleh pemerintah pusat. Format tata pemerintahan yang tidak menentu dalam fase-fase pentahapannya yang relatif singkat, bermuara pada tidak optimalnya program-program pembangunan di semua bidang dan sektor. Sehingga pelayanan publik kurang memperoleh perhatian yang serius.Begitu buruknya Budaya Kerja Pelayanan Birokrasi dan keterbatasan yang dialami di Provinsi Papua selama ini dapat dilihat dari adanya kelemahan dalam: disiplin, produktif, inovatif, semangat serta mudah tergiur dengan budaya asing yang bersifat negatif dan tidak mau bekerja keras dan lain sebagainya. Masih tingginya tingkat keluhan masyarakat pengguna jasa menunjukkan bahwa pemerintah sebagai organisasi publik masih belum sepenuhnya mampu menciptakan sistem pelayanan yang akseptabel dimata rakyat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).Sumber data penelitian terdiri dari: studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi wawancara, observasi dam penyebaran kuesioner. Populasi yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah Aparat birokrat sebagai Pelayan kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire Provinsi Papua. Cara penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 194 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tanggapan responden secara umum dapat dikatakan sudah berada pada kategori cukup mengenai Pengambilan Resiko, Perhatian yang Rinci, Orientasi pada Manusia, Orientasi Tim, Keagresifan, Sistem Pelayanan dan Sumber Daya Manusia. Tanggapan responden secara umum sudah berada pada kategori kurang mengenai Stabilitas. Sedangkan tanggapan responden secara umum sudah berada pada kategori baik mengenai Orientasi Hasil, Strategi dan Customer. Pengambilan Resiko, Perhatian yang Rinci, Orientasi Hasil, Orientasi pada Manusia, dan Keagresifanmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap Pelayanan Publik. Kata Kunci: Organisasi Publik, Budaya Organisasi, Pelayanan Publik.