Teknik Informatika (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Teknik Informatika (S1) by Subject "Agile"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PEMETAAN BUDAYA SENI TRADISIONAL DI INDONESIA DENGAN METODE AGILE(2023-04-03) ALFARI SIDNAN GHILMANA; Atje Setiawan Abdullah; Rudi RosadiIndonesia merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki beragam budaya seni tradisional. Budaya-budaya tersebut sudah tersedia pada website resmi warisan budaya tak benda Indonesia. Saat ini belum tersedia sebuah sistem informasi untuk memvisualisasikan data budaya tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi geografis berbasis web untuk memvisualisasikan budaya menggunakan peta lokasi untuk masing-masing provinsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memanfaatkan Extreme Programming yaitu metode dari model pengembangan perangkat lunak Agile. Metode ini memiliki enam fase yaitu fase perencanaan, fase analisis, fase desain, fase kode, fase pengujian, dan fase penyebaran. Implementasi aplikasi menggunakan framework React dan Express, sedangkan pengujian menggunakan Black-box testing. Hasil pengujian sistem menggunakan Black-box testing yang diuji oleh 31 responden menunjukkan 99% fungsi telah berjalan dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi georafis yang dibangun dengan metode Agile Extreme Programming berjalan dengan baik.