Teknik Informatika (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Teknik Informatika (S1) by Subject "Alat Musik Tradisional"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PENGEMBANGAN TEKNOLOGI GAME BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA(2023-09-20) ANKI PRAWIRA HIDAYAT; Asep Sholahuddin; Akik HidayatTeknologi yang berkembang pesat memperbolehkan masuknya budaya asing secara masif dan cepat. Pengenalan seni dan budaya Indonesia dalam bidang pendidikan masih terlimitasi dan terfokus pada buku. Kurangnya inovasi dalam pengenalan dan pembelajaran tersebut dapat mengurangi minat generasi muda terhadap seni dan budaya Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar untuk membuat sebuah aplikasi yang mengintegrasikan teknologi seperti Augmented Reality dengan budaya, salah satunya dalam kebudayaan alat musik. Pada pengembangannya, aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan Unity Engine dan dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap concept, tahap design, tahap collecting, tahap assembly, tahap testing dan selanjutnya tahap distribution. Pada penelitian ini, aplikasi yang telah dikembangkan akan diuji menggunakan metode Usability Testing untuk menghitung dan menilai fungsionalitas dari aplikasi yang telah dikembangkan. Dari penelitian yang telah dilakukan kepada 30 responden didapatkan nilai fungsionalitas aplikasi sebesar 94,96, yang menandakan aplikasi tersebut sudah berfungsi sebagaimana mestinya dan termasuk kedalam kategori penilaian sangat baik.