Televisi dan Film (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Televisi dan Film (S1) by Subject "Bisnis"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item STRATEGI RADAR CIREBON TELEVISI (RCTV) DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA(2022-04-18) SHAFFA RIFDHA SAVIRA; Dandi Supriadi; Ilham GemihartoShaffa Rifdha Savira, 21040170014, 2022. Skripsi ini berjudul, “Strategi Radar Cirebon Televisi (RCTV) Dalam Mempertahankan Eksistensinya”. Dr. Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si selaku pembimbing utama dan Dandi Supriadi, S.Sos., M.A (SUT)., PhD selaku pembimbing pendamping. Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Terdapat dua persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi bisnis yang dilakukan oleh RCTV dalam mempertahankan eksistensinya dan bagaimana strategi program yang dilakukan oleh RCTV dalam mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk objek penelitian yakni Radar Cirebon Televisi (RCTV). Berdasarkan hasil penelitian melalui analisis model bisnis kanvas dari Alexander Osterwalder dan konsep strategi program oleh Peter K. Pringle ditemukan bahwa strategi yang diterapkan RCTV diantaranya yaitu melakukan penekanan biaya produksi program, menawarkan paket spesial untuk para pemasangan iklan, manajer marketing dan wartawan bertanggung jawab mencari omset, berkiblat pada in-house production, konsisten dalam menghadirkan berbagai konten lokal, memperbanyak kerjasama program (program sponsor) dengan klien, menjalin hubungan baik dengan komunitas sebagai penunjang kualitas program acara, serta melakukan produksi dan pengemasan program acara dengan mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan identitas kelokalan. Sesuai dari apa yang diterapkan, strategi yang dilakukan tersebut merupakan suatu cara bertahan atau yang melandasi eksistensi RCTV sebagai televisi lokal Cirebon yang mampu berdiri hingga saat ini.