ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA MASA SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA CIREBON

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cirebon pada masa sebelum dan selama Pandemi Covid-19, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame di Kota Cirebon pada masa sebelum dan selama Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Cirebon selama bulan Mei sampai Juli 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data tersebut diperoleh menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan analisis kontribusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pajak reklame pada tahun 2017 sampai 2021 mengalami fluktuasi dengan nilai selisih persentase yang kecil setiap tahunnya, yang menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 tidak memberikan dampak yang besar atas nilai kontribusi pajak reklame terhadap PAD di Kota Cirebon. Kontribusi rata-rata pajak reklame selama lima tahun tersebut hanya sebesar 1,29% yang berarti sangat kurang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah. Faktor-faktor yang menyebabkan penerimaan pajak reklame di Kota Cirebon belum optimal yaitu pengetahuan Wajib Pajak yang belum memadai, kompleksitas peraturan pajak reklame, penerapan sanksi yang belum tegas, Sumber Daya Manusia BPKPD yang belum memadai, dan pemeriksan reklame yang belum menjangkau seluruh Wilayah Kota Cirebon.

Description

Keywords

Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah, Kontribusi

Citation