KARAKTERISTIK MEREK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS MEREK SIMPATI DI KOTA BANDUNG

Abstract

Merek merupakan unsur yang sangat penting dalam memasarkan suatu produk karena merek mencerminkan produk secara keseluruhan yang membedakannya dari produk pesaing. Merek memiliki karakteristik yang merupakan unsur-unsur penting yang terdiri dari prediktabilitas merek, kompetensi merek dan reputasi merek yang dapat membangun kepercayaan pelanggan terhadap merek. Kepercayaan pelanggan terhadap merek merupakan faktor penting dalam menentukan pilihan pelanggan atas suatu merek. Kepercayaan merupakan kesediaan untuk bertindak tanpa memperhitungkan biaya dan keuntungan dengan segera. Hal ini berarti loyalitas terhadap merek menyangkut kepercayaan terhadap merek tersebut. Oleh sebab itu kepercayaan pelanggan terhadap merek memiliki implikasi terhadap loyalitas merek. Untuk itu diperlukan suatu penelitian untuk membuktikan hal tersebut. Penelitian ini akan mengukur apakah ada pengaruh karakteristik merek dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan dan bagaimana implikasinya pada loyalitas merek pelanggan simpati di kota Bandung. Pemilihan simpati sebagai objek penelitian karena simpati memberikan keuntungan lebih dari separuh keuntungan Telkomsel, ditengah penurunan jumlah pelanggan Telkomsel dan tidak tercapainya jumlah pelanggan pada akhir tahun 2013. Kota bandung dipilih karena kota Bandung adalah daerah perkotaan yang penduduknya memiliki tingkat kebutuhan berkomunikasi yang cukup tinggi di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang deskriptif dan verifikatif dengan metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari jawaban pelanggan terhadap kuesioner dan data sekunder yang di dapat dari kajian kepustakaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode convenience sampling dimana penyebarannya ditentukan berdasarkan pembagian wilayah kota Bandung. Dari konsep yang diajukan dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel, yaitu karakteristik merek (X) dengan dimensi prediktabilitas merek (X1), kompetensi merek (X2) dan reputasi merek (x3) sebagai variabel eksogen (variabel yang mempengaruhi) dan kepercayaan pelanggan (y) serta loyalitas merek (z) sebagai variabel endogen (variabel yang dipengaruhi). untuk mengukur pengaruh antar variabel tersebut digunakan metode analisis jalur (path analysis) dan sebelum data diolah ditransformasikan terlebih dahulu dari skala ordinal ke skala interval dengan menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa karakteristik merek yang terdiri dari prediktabilitas merek, kompetensi merek dan reputasi merek memiliki pengaruh dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kepercayaan pelanggan memiliki implikasi terhadap loyalitas merek, dan karakteristik merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek melalui kepercayaan pelanggan.

Description

Keywords

karakteristik merek, kepercayaan pelanggan, loyalitas merek

Citation