Ilmu Manajemen (S2)

Permanent URI for this collection

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 20 of 98
  • Item
    Pengaruh Kompetensi Digital dan Kemitraan terhadap Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung
    (2023-08-23) SHASQIA VELLIANA PUTRI; Wa Ode Zusnita Muizu; Imas Soemaryani
    Kota Bandung menjadi salah satu kota dengan pelaku UKM tertinggi di Jawa Barat 330.314 perusahaan. UKM Kota Bandung sendiri telah menyumbang 60% dari keseluruhan PDRB Kota Bandung. Sayangnya, 80% UKM permasalahan UKM pada subsektor Kuliner terletak pada daya saing yang rendah. Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh kemitraan dengan 2 dimensinya yaitu Kepercayaan dan Kemauan Pemberdayaan dan kognitif bersama kompetensi digital dengan 5 dimensinya yaitu Informasi, Komunikasi, Pembuatan Konten, Keselamatan dan Pemecahan Masalah berpengaruh terhadap Daya Saing dalam Porter’s Diamond Model Framework. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi digital, kemitraan, dan daya saing pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung; pengaruh kompetensi digital terhadap daya saing dalam pengaruh kemitraan terhadap daya saing; pengaruh kompetensi digital dan kemitraan terhadap daya saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelaku UKM Kuliner Kota Bandung yang telah bertransformasi digital. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 pelaku UKM Kuliner Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan diolah menggunakan dengan SPSS versi 23 dengan Path Analysis. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa kompetensi digital, kemitraan, dan daya saing pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung cukup rendah, kompetensi digital berpengaruh positif terhadap daya saing, kemitraan berpengaruh positif terhadap daya saing, serta kompetensi digital dan kemitran berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung.
  • Item
    Analisis Perbedaan Gaya Belanja Online pada Generasi Y dan Z di Kota Bandung
    (2023-02-22) LEDY YOLANDA; R. Arief Helmi; Rita Komaladewi
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik gaya belanja online generasi Y dan Z serta perbedaan karakteristik gaya belanja online kedua generasi tersebut. Penelitian ini dilakukan pada generasi Y dan Z di Kota Bandung dengan jumlah sampel 200 responden generasi Y dan 200 responden generasi Z, sehingga total berjumlah 400 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan SPSS versi 25 dengan analisis faktor konfirmatori (validitas dan realibilitas) dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 dari 8 dimensi consumer style inventory (CSI) terkonfirmasi pada generasi Y dan Z di Kota Bandung, generasi Y dan Z memiliki karakteristik gaya belanja online yang terdiri dari perfectionism consciousness, habitual and brand loyal orientation, novelty and fashion consciousness, brand conscious, recreational and hedonistic consciousness, confused by overchoice, serta impulsiveness and careless. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari gaya belanja online generasi Y dan Z di Kota Bandung. Generasi Y memiliki gaya belanja novelty and fashion consciousness, brand conscious, confused by overchoice, dan impulsiveness and careless yang lebih tinggi dibandingkan generasi Z. Kata Kunci: Consumer Style Inventory (CSI), Generasi Y, Generasi Z
  • Item
    ANALISIS PENGARUH KINERJA ESG TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
    (2023-06-27) AZHAR NAFIS IHSANI; Meinanda Kurniawan; Sulaeman Rahman Nidar
    Isu – isu ekonomi, sosial dan lingkungan hari ini menjadi isu global yang semakin nyata. Arus kekuatan geopolitik, sosial, dan ekonomi pun hari ini telah berfokus pada tujuan ESG yang mendorong perusahaan, investor, dan pemerintah untuk menerapkannya pada setiap aspek bisnis. Kendala hari ini ialah para pelaku usaha di Indonesia umumnya masih berorientasi pada keuntungan jangka pendek yang mana diarahkan untuk bertransformasi ke arah berkelanjutan secara jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kinerja ESG terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivistik-deduktif dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data secara statistik deskriptif dan inferensial. Adapun alat analisis utama dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive-sampling, sampel dipilih sebanyak 23 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan dari tahun 2018 – 2020. ESG metrik sebagai ukuran kinerja ESG yang digunakan dalam penlitian ini menggunakan skor ESG BGK metrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja ESG dan sub-dimensinya berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan secara accounting-based yang diukur dengan menggunakan ROA. Namun, secara market-based yang diproksikan oleh Tobin’s Q, kinerja ESG serta sub-dimensinya belum mampu mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Beberapa hal penting mengapa perusahaan terlibat dalam aktivitas environmental, social dan governance adalah untuk menciptakan keunggulan kompetitif, mengurangi risiko perusahaan, meningkatkan performa pasar serta meningkatkan kemampuan pengembangan berkelanjutan perusahaan.
  • Item
    PENGARUH BIAS HEURISTIK TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19
    (2022-08-26) MUTHIA SITI KHOIRUNNISA; Sulaeman Rahman Nidar; Kurniawan Saefullah
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh heuristic bias terhadap keputusan investasi di Bursa Efek Indonesia pada masa Pandemi Covid-19. Ketiga bias tersebut merupakan bias utama dalam pengambilan keputusan dalam kondisi ketidakpastian. Penelitian behavioral finance tentang heuristik masih sangat terbatas di negara berkembang khususnya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah 8.103.795 orang yang merupakan investor yang telah memiliki saham di BEI. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 240 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online (google form). Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling – Partial Least Square.
  • Item
    NILAI PELANGGAN DAN PEMASARAN BERBASIS PENGALAMAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN, IMPLIKASINYA TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN BLIBLI DI KOTA BANDUNG
    (2023-07-05) FARIZ PRAMADANI; Rita Komaladewi; Sucherly
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana nilai pelanggan dan pemasaran berbasis pengalaman dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan secara langsung dan melalui kepuasan pelanggan, penelitian ini memfokuskan pada pelanggan Blibli di Kota Bandung, ukuran sampel pada penelitian ini yaitu 210 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Structure Equation Model (SEM-PLS) menggunakan program SmartPLS 3.0 dengan pengukuran outer model: convergent validity, discriminant validity, composite reliabilty, serta pengukuran inner model; Coeficient Determinant of (R2), Signifikansi (t-value). Hasil studi menunjukkan bahwa nilai pelanggan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, pemasaran berbasis pengalaman berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, nilai pelanggan berpengaruh langsung terhadap kepercayaan pelanggan, pemasaran berbasis pengalaman berpengaruh langsung terhadap kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh langsung terhadap kepercayaan pelanggan, nilai pelanggan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan pemasaran berbasis pengalaman berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan melalui kepuasan pelanggan, kesimpulannya adalah nilai pelanggan dan pemasaran berbasis pengalaman memberikan efek terhadap kepuasan pelanggan sehingga kepercayaan pelanggan Blibli di Kota Bandung dapat meningkat.
  • Item
    ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDUNG
    (2022-09-06) INNE FADILAH; Mokhamad Anwar; Sulaeman Rahman Nidar
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology terhadap kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh UMKM yang terdaftar di dinas koperasi dan UMKM Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digukan adalah purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 120 pelaku UMKM di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan diolah menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0. dengan pengukuran outer model: convergent validity, discriminant validity serta inner model: coeffecient determinant (R2) dan hipotesis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Kota Bandung, yang berarti peningkatan literasi keuangan, inklusi keuangan, serta financial technology akan menyebabkan peningkatan kinerja UMKM di Kota Bandung. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Financial Technology, Kinerja UMKM
  • Item
    PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK FASHION USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI CUSTOMER RELATIONSHIP DI KOTA BANDUNG
    (2022-09-07) AKBAR RISKAL AMANI; R. Thomas Budhyawan Yudhya; Rita Komaladewi
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana social media marketing dapat mempengaruhi purchase intention secara langsung dan melalui customer relationship, penelitian ini memfokuskan pada konsumen fashion Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung, ukuran sampel pada penelitian ini yaitu 154 responde. Teknikanalisis data dilakukan dengan menggunakan Sctructure Equation Model (SEM-PLS) menggunakan program SmartPLS 3.0 dengan pengukuran outer model: convergent validity, discriminant validity, uji realibilitas, serta pengukuran inner model; Coeficient Determinant of (R2), Signifikansi (t-value). Hasil studi menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh langsung terhadap purchase intention dan social media marketing berpengaruh terhadap purchase intention melalui customer relationship, kesimpulannya adalah social media marketing memberikan efek terhadap peningkatan kepercayaan konsumen (customer relationship) sehingga purchase intention konsumen UMKM fashion Kota Bandung dapat meningkat
  • Item
    Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Generasi Y dan Z Melalui Motivasi Belanja Hedonis dan Orientasi Belanja Pada Pembelian Produk Fast Fashion
    (2022-10-04) IRENE DEBORAH; Yevis Marty Oesman; R. Thomas Budhyawan Yudhya
    Tingginya pengguna internet dan berkembangnya media sosial seperti Instagram dan Tiktok saat ini menjadi salah satu faktor berkembangnya konsumsi produk fast fashion yang tinggi sehingga perlahan mengubah gaya hidup masyarakat. Konsumen melakukan pembelian tidak terarah yang mengakibatkan meningkatnya motivasi hedonis dan orientasi belanjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah media sosial mempengaruhi perilaku pembelian impulsif melalui motivasi belanja hedonis dan orientasi belanja pada pembelian produk fast fashion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan analisis model persamaan struktural atau SEM (Structural Equation Modeling) yang diolah menggunakan smartPLS pada 239 responden generasi Y dan Z di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif, (2) Media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belanja hedonis, (3) Media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap orientasi belanja, (4) Motivasi belanja hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif, (5) Orientasi belanja berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif, dan (6) Motivasi belanja hedonis dan orientasi belanja memiliki pengaruh positif signifikan dalam memediasi hubungan antara media sosial dan perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini menunjukan penggunaan media sosial yang tinggi dapat mempengaruhi perilaku pembelian impulsif terutama dalam melakukan pembelian produk fast fashion. Motivasi belanja hedonis dan orientasi belanja juga dapat dipengaruhi oleh media sosial dan mempengaruhi perilaku pembelian impulsif sehingga memerlukan perhatian baik bagi produsen maupun konsumen agar tidak memberikan implikasi negatif.
  • Item
    FINANCIAL BEHAVIOR BERBASIS INDIGENOUS KNOWLEDGE PANENGEN DALAM KEPUTUSAN INVESTASI MASYARAKAT DI DESA CIKALONG KECAMATAN SIDAMULIH KABUPATEN PANGANDARAN
    (2022-09-14) NURUL AZIZAH; Sulaeman Rahman Nidar; Kurniawan Saefullah
    Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Berdasarkan BPS (2010), Indonesia mempunyai 1.340 suku bangsa. Berbagai suku bangsa tersebut memiliki karakteristik berdasarkan Indigenous Knowledge setempat. Masyarakat Desa Cikalong masih menjunjung tinggi budaya yang menjadi falsafah hidupnya yaitu budaya “Panengen”. Setiap keputusan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cikalong akan berlandaskan Indigenous Knowledge yang dimilikinya yaitu budaya “panengen” termasuk dalam pengelolaan keuangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Indigenous Knowledge budaya “Panengen” yang diterapkan oleh masyarakat Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Pengelolaan keuangan berbasis Indigenous Knowledge budaya “Panengen” yang diterapkan oleh masyarakat Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Sampai pada sejauh mana keputusan investasi masyarakat Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran dipengaruhi oleh Indigenous Knowledge budaya “Panengen” Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori financial behavior dari Baker, Fillbeck dan Ricciardi (2017) memiliki indikator sebagai berikut: Consumption, Cash-flow management dan Saving and investment. Kemudian menggunakan teori financial literacy dari Chen dan Volpe (1998) memiliki indikator yaitu: Pengetahuan keuangan dasar (basic financial knowledge), Simpanan dan pinjaman (saving and borrowing), Proteksi atau asuransi (insurance) dan Investasi. Teori Keputusan Investasi dari Tandelilin (2010) yang memiliki indikator Penentuan tujuan investasi, Penentuan kebijakan investasi, Pemilihan strategi pencatatan dan dokumentasi kegiatan investasi, Pemilihan aset serta Pengukuran evaluasi kerja pencatatan dan dokumentasi kegiatan investasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus dipilih karena dapat memberi gambaran yang terperinci, mendalam serta lebih diarahkan sebagai upaya untuk menelaah masalah atau fenomena yang bersifat terbatas. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi non partisipatoris dan dokumentasi. Adapun informan dipilih menggunakan metode nonprobailitas dengan penarikan sampel purposive sampling dengan sampel sebanyak sepuluh informan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa budaya panengen merupakan indigenouse Knowledge dari masyarakat Desa Cikalong. Setiap keputusan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cikalong akan berlandaskan Indigenous Knowledge yang dimilikinya yaitu budaya panengen. Begitu pun dalam proses pengelolaan kekayaannya terkhusus keuangan dari masing-masing keluarga yang ada di Desa Cikalong akan berlandaskan financial behavior yang terbentuk karena adanya penerapan konsep-konsep dari budaya panengen yaitu basajan, pamali dan neundeun miraweuy. Keputusan Investasi masyarakat Desa Cikalong dipengaruhi oleh ajaran dalam budaya panengen yaitu konsep neundeun miraweuy. Neundeun miraweuy ini sudah diajarkan dari sejak kecil oleh para orang tua yang menganut budaya panengen ini sehingga menajadi dasar pengetahuan ketika masyarakat Desa Cikalong memutuskan kegiatan investasinya. Neundeun miraweuy mengandung makna menyimpan harta kekayaan pada saat ini demi mendapatkan manfaat dimasa yang akan datang.
  • Item
    ANALISIS PENGARUH EMOTIONAL LABOR (DEEP ACTING) TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION YANG DIMEDIASI POSITIVE CUSTOMER TREATMENT
    (2023-07-14) GINANGGIH; Joeliaty; Sunu Widianto
    Kerja emosional (Deep acting) mengacu pada proses pengaturan emosi dan ekspresi dalam menanggapi aturan tampilan untuk mencerminkan organisasi sebagai bentuk promosi. Literatur yang ada telah memberikan bukti kuat tentang dampak kerja emosional yang berfokus pada pelanggan. Namun, pemeriksaan empiris mekanisme yang mendasari hubungan ini sangat berbeda dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini berfokus pada interaksi sosial yang mengatur emosi dan kemudian melaporkan studi yang meneliti peran Positive customer treatment bagi karyawan dalam menyalurkan dampak kerja emosional deep acting pada customer satisfaction. Secara khusus, penelitian ini mengukur tenaga kerja emosional pada karyawan layanan dan pelanggan untuk mengetahui bagaimana hubungan relasional terjadi. Ruang lingkup pembahasan dalam penelitian ini adalah pengaruh deep acting terhadap customer satisfaction melalui data positive customer treatment, yang menyatakan bahwa model yang diajukan adalah pengukuran model luar: validitas konvergen, validitas diskriminan, uji reliabilitas, dan pengukuran model dalam: koefisien determinan (R2), signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deep acting diterima secara signifikan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan dengan koefisien jalur (0,407) dan p-value (0,000 < 0,05), ada hubungan positif yang signifikan antara Positive customer treatment dan customer satisfaction dengan koefisien jalur (0,772) dan nilai-p (0,000 <0, 05). Terdapat hubungan yang signifikan antara deep acting dan positive customer treatment, dengan koefisien jalur (0,772) dan p-value (0,000 <0,05). Positive customer treatment secara signifikan berperan sebagai variabel mediasi yaitu dengan memediasi deep acting terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien jalur mediasi (0,290) dan p-value (0,000 < 0,05). Dengan demikian, karyawan yang terlibat dalam deep acting atau sangat mampu mengatur ekspresi dan perasaannya dapat menerima Positive customer treatment, yang pada akhirnya meningkatkan pengaruh terhadap customer satisfaction.
  • Item
    PENGARUH KONDISI EKSTERNAL DAN INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN YANG DIMODERASI OLEH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN BUMN (Periode 2006-2020)
    (2022-03-24) MOCH. LUTFI; Sulaeman Rahman Nidar; Kurniawan Saefullah
    Investor sering khawatir tentang kebijakan dividen. Tujuan riset ini ialah untuk mengevaluasi unsur-unsur penentu kebijakan dividen, yang ditunjang oleh tata kelola perusahaan pada perusahaan “BUMN” periode 2006-2020. Peneliti membagi unsur penentu menjadi dua bagian yaitu, faktor eksternal; ikatan politik, ketidakpastian kebijakan ekonomi, dan ketidakpastian politik, faktor internal; profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan 11 sampel perusahaan “BUMN”. Data sekunder digunakan, dengan analisis model regresi data panel. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pertama, dengan koefisien determinasi (R-Squared) sebesar 0,1335, koneksi politik, ketidakpastian kebijakan ekonomi, ketidakpastian politik, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan semuanya berdampak pada kebijakan dividen secara simultan. kedua, profitabilitas memiliki dampak positif yang kuat pada kebijakan dividen, dampak leverage pada kebijakan dividen adalah negatif. Terakhir, perusahaan dengan tata kelola yang baik cenderung meningkatkan pembayaran dividen saat ketidakpastian kebijakan ekonomi (EPU) yang tinggi terjadi, dan cenderung menurunkan pembayaran dividen saat memiliki kesempatan untuk bertumbuh.
  • Item
    ANALISIS MODEL CARRINGTON DALAM MEMBENTUK PERILAKU PEMBELIAN AKTUAL KOPI PADA GENERASI MILENIAL DI KABUPATEN GARUT
    (2023-09-20) HANIFAH FAUZIAH; Asep Mulyana; R. Thomas Budhyawan Yudhya
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Carrington dalam membentuk perilaku pembelian aktual kopi di Kabupaten Garut. Penelitian ini dilakukan karena adanya kesenjangan antara niat dengan perilaku pembelian aktual. Metode survei yang bersifat kuantitatif digunakan untuk menganalisis variabel moral, pengetahuan, relasi, minat implementasi, actual behavioural control, situational context, dan perilaku pembelian aktual. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner pada penelitian ini diberikan secara online dan offline kepada konsumen kopi. Jumlah konsumen yang diteliti sebesar 400 responden. Peneliti menganalisis data menggunakan alat bantu cluster analysis dengan alat bantu SPSS 25.0 dan SEM-PLS dengan smartPLS. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat 2 klasifikasi dari 4 konsumen yaitu termasuk pada kelompok vocal green consumers, silent green consumers, vocal brown consumers, dan silent brown consumers. Hasil pengujian hipotesis menunjukan seluruh variabel mampu membentuk perilaku pembelian aktual.
  • Item
    PERCEIVED RISK, TRAVEL MOTIVATION, DAN TRAVEL CONSTRAINTS TERHADAP TRAVEL INTENTION PADA PARIWISATA DI ERA NEW NORMAL
    (2023-02-14) PUJI RATNA SARI; R. Arief Helmi; Rita Komaladewi
    Adanya perubahan perilaku dalam pariwisata di era new normal, sehingga muncul pertanyaan terkait perilaku wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji persepsi risiko dalam mempengaruhi niat wisatawan berkunjung, hal apa yang memotivasi wisatawan untuk memiliki niat berkunjung dan apakah kendala perjalanan menjadi hambatan dalam mempengaruhi niat wisatawan berkunjung. Kesenjangan dalam penelitian terdahulu dan masih sedikitnya penelitian mengenai bagaimana hubungan antar variabel di era new normal. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif. deskriptif dan verifikatif pada 235 responden terhadap pariwisata Bali di era new normal dengan menggunakan analisis model persamaan struktural atau SEM (Structural Equation Modeling) yang diolah menggunakan smartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perceived risk berpengaruh negatif terhadap travel intention (2) travel motivation push factors berpengaruh positif terhadap travel intention (3) travel motivation pull factors berpengaruh positif terhadap travel intention (4) travel constraints berpengaruh positif terhadap travel intention. Perceived risk cenderung rendah, travel constraints cukup tinggi, sehingga travel motivation terutama pull factors atau daya t
  • Item
    Pengaruh Kekayaan Media Sosial terhadap Kinerja Bisnis yang Dimediasi oleh Ekuitas Merek pada UMKM Makanan dan Minuman yang Menggunakan Media Sosial Instagram di Pulau Jawa dan Sumatera
    (2022-11-09) VENNY MELLANDHIA SHANDY; Asep Mulyana; Budi Harsanto
    Kinerja bisnis adalah indikator yang mengukur seberapa baik suatu organisasi mencapai tujuannya. Kinerja bisnis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kekayaan media sosial dan ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kekayaan media sosial terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh ekuitas merek pada UMKM makanan dan minuman yang menggunakan media sosial Instagram di Pulau Jawa dan Sumatera. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa riset kepustakaan dan penyebaran kuesioner secara online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM yang bergerak di sektor industri makanan dan minuman yang telah berbisnis menggunakan media sosial Instagram dalam waktu minimal 3 tahun di Pulau Jawa dan Sumatera. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 232 responden dan dianalisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekayaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek, ekuitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis, kekayaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis, dan ekuitas merek dapat memediasi kekayaan media sosial terhadap kinerja bisnis. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambahkan lebih banyak literatur yang relevan, memperluas sampel, dan dapat menggunakan variabel moderasi atau modifikasi dengan variabel lain sehingga dapat menciptakan penelitian yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Business performance is an indicator that measures how well an organization is achieving its goals. Business performance can be affected by several factors, such as social media richness and brand equity. This study was conducted to determine the effect of social media richness on business performance mediated by brand equity in food and beverage SMEs using social media Instagram in Java and Sumatra. The type of this research is quantitative and using data collection methods from library research and distributing online questionnaires. The sample used in this study is food and beverage MSMEs who have done business using social media Instagram for a minimum of 3 years in Java and Sumatra. The number of samples used in this study were 232 respondents and analyzed using SmartPLS. The results show that social media richness has a significant effect on brand equity, brand equity has a significant effect on business performance, social media richness has a significant effect on business performance, and brand equity can mediate social media richness on business performance. In future research, it is expected to add more relevant literature, expand the sample, and be able to use moderating variables or modifications with other variables so that they can create better research in the future.
  • Item
    Pengujian Fama & French Three Factor terhadap Return Saham Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Indeks IDX80 Saat Pandemi Covid-19
    (2022-06-10) SHEILLA PUTRI AGUSTIN; Meinanda Kurniawan; Sulaeman Rahman Nidar
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji Fama & French Three Factor selama pandemi berlangsung pada return perusahaan jasa yang terdaftar di indeks IDX80. Metode yang digunakan adalah pembentukan portofolio regresi linear berganda dari Fama & French Three Factor, dengan menggunakan tools Eviews-12. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, periode penelitian adalah 02 Maret 2020 hingga 03 Januari 2022. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel market yang berpengaruh secara signifikan terhadap return, sedangkan faktor size, book to market dan jumlah pasien Covid-19 tidak berpengaruh terhadap return saham. Faktor yang memiliki korelasi negatif terhadap return hanya book to market, sedangkan faktor lainnya memiliki korelasi positif. Seluruh faktor market, size, book to market dan jumlah pasien Covid-19 berpengaruh secara simultan. Namun nilai koefisien size, book to market dan jumlah kasus Covid-19 cenderung kecil, variabel market yang memiliki nilai koefisien yang paling tinggi. Hal ini mendukung nilai koefisien determinasi yang relative kecil yaitu 31,02%.
  • Item
    Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kondisi Kesehatan Serta Implikasinya Terhadap Produktivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19
    (2022-07-08) DARA SAGITA TRISKI; Wa Ode Zusnita Muizu; Imas Soemaryani
    Lingkungan kerja pada masa pandemi Covid-19 bagi guru menimbulkan dampak negatif diantaranya, guru tidak dapat menganalisis perkembangan kemampuan dan kreativitas peserta didik, keterbatasan sarana komunikasi pendukung menyebabkan berkurangnya interaksi antara guru dan peserta didik yang dapat menurunkan motivasi belajar maupun hasil belajar peserta didik. Lingkungan kerja juga berdampak pada kondisi kesehatan guru, selama proses belajar mengajar online guru merasakan gangguan kesehatan mental berupa stres kerja dan gangguan kesehatan fisik dibagian-bagian tubuh tertentu. Lingkungan kerja yang baik dan didukung oleh kondisi kesehatan guru yang baik akan menghasilkan produktivitas kerja yang baik pula. Selama proses belajar mengajar online, terjadi penurunan produktivitas kerja guru pada Tahun ajaran 2020/2021 hanya berkisar antara 70%-75%, berdasarkan dimensi efektivitas dan efisiensi kemampuan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kondisi kesehatan guru serta implikasinya terhadap produktivitas kerja guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis jalur. Melalui hasil analisis jalur disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja guru melalui kondisi kesehatan sebesar 19,27%. Lingkungan kerja merupakan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan diikuti memperbaiki kondisi kesehatan agar dapat meningkatkan produktivitas kerja guru.
  • Item
    PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2015 - 2020
    (2022-04-12) ASEP SAEPUL BAHRI; Kurniawan Saefullah; Mokhamad Anwar
    Keadaan ekonomi dunia sekarang ini sedang mengalami penurunan termasuk negara Indonesia dikarenakan adanya wabah covid-19 dimana hampir di semua sektor ekonomi mengalami penurunan akan tetapi beberapa perusahaan food and beverage yang teraftar di bursa efek Indonesia cenderung stabil dan bahkan naik seakan akan tidak terpengaru oleh adanya wabah covid 19. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap kinerja keuangan dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan diproksikan dengan aset tunover, leverage diukur dengan Debt to Equity ratio, kinerja keuangan diukur dengan return on equity, dan nilai perusahaan diukur dengan price to book value. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan-perusahaan food and beverage yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2015 sampai tahun 2020. Data yang digunakan adalah data panel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keungan, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keungan, ukuran perusahaan, leverage, berpengaruh signifikan terhadap kinerja keungan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan, leverage dan kinerja keuangan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kinerja keuangan dapat memediasi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, kinerja keuangan dapat memediasi leverage terhadap nilai perusahaan
  • Item
    PERILAKU KONSUMEN RAMAH LINGKUNGAN : KOGNISI DAN MOTIVASI KONSUMEN
    (2021-10-08) INTAN PERMATA DEWI; R. Arief Helmi; Rita Komaladewi
    Kesadaran mengenai apa yang mereka konsumsi akan berdampak pada lingkungan dan pentingnya menjaga lingkungan membuat perubahan pada pola pembelian konsumen ke arah environmentally friendly product. Di Indonesia, pengguna green product perlahan meningkat dalam tiga tahun terakhir, pasar produk hijau (green product) mendominasi. Namun masih terdapat perbedaan megenai kognisi dan motivasi terhadap produk green. sehingga penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kognisi dan motivasi dua kelompok yang berbeda yaitu kelompok green customer dan kelompok non green customer terhadap green produk. hasil dari penelitian ini tidak terdapat perbedaan pada kognisi kedua kelompok namun terdapat perbedaan pada motivasi kedua kelompok.
  • Item
    PENGARUH LIVE STREAMING E-COMMERCE DALAM MEMBANGUN CUSTOMER TRUST DAN CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi Pada Konsumen Tokopedia)
    (2022-10-02) JODHI KARTHA YUDHA; Rita Komaladewi; R. Thomas Budhyawan Yudhya
    Beberapa tahun terakhir, e-commerce di Indonesia berkembang pesat yang membuat tingkat persaingan antar e-commerce juga tinggi dan mengakibatkan ditutupnya beberapa e-commerce karena kalah bersaing. Dapat dikatakan live streaming merupakan salah satu inovasi sebagai strategi pemasaran pada e-commerce yang baru. Untuk menghindari kecurigaan berbedanya foto karakteristik produk, toko palsu, penjual curang dan lainnya serta meningkatkan customer trust, Tokopedia Play membuat fitur pengalaman live shopping. Dan dapat meningkatkan customer engagement yang pada akhirnya konsumen membeli dan mengunjungi kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh live streaming, customer trust, dan customer engagement dalam melakukan pembelian online pada e-commerce Tokopedia. Variabel independent pada penelitian ini yaitu live streaming. Variabel dependen yaitu customer engagement. Dan variabel intervening adalah customer trust. Responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang sudah pernah berbelanja online melalui live streaming di Tokopedia Play. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisi PLS. Menggunakan responden minimum 105 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Live streaming secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap customer trust. (2) Customer trust secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap customer engagement. (3) Pengaruh live streaming terhadap customer trust dan terhadap customer engagement adalah signifikan dan positif.
  • Item
    KEMAMPUAN INOVASI MEMEDIASI PENGARUH KOLABORASI, KAPABILITAS DINAMIS DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP DAYA SAING STARTUP DI BANDUNG RAYA
    (2022-01-19) ZULFA HAITAN RACHMAN; Yudi Azis; Yunizar
    Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan di Indonesia. Bisnis startup menawarkan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital. Sehingga mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin kompetitif, karena perusahaan startup memiliki tingkat kegagalan yang besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis kemampuan inovasi memediasi pengaruh kolaborasi, kapabilitas dinamis dan budaya organisasi terhadap daya saing startup di Bandung Raya. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 195 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan alat analisis SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi, kapabilitas dinamis dan budaya organisasi secara bersama – sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan inovasi. Ditemukan kolaborasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan inovasi, namun ditemukan bahwa kapabilitas dinamis tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan inovasi, budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan inovasi. Kemudian kolaborasi, kapabilitas dinamis, budaya organisasi dan kemampuan inovasi secara bersama – sama memiliki pengaruh signifikan terhadap daya saing. Namun kolaborasi tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing, kapabilitas dinamis tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing. Selain itu hasil menujukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap daya saing, kolaborasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap daya saing melalui kemampuan inovasi, kapabilitas dinamis tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing melalui kemampuan inovasi, budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing melalui kemampuan inovasi dan kemampuan inovasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap daya saing.