PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KETAHANAN ORGANISASI (STUDI KASUS: SENTRA INDUSTRI RAJUT BINONG JATI)
No Thumbnail Available
Date
2016-08-04
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan berbagi pengetahuan dan inovasi produk terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati. (2) pengaruh secara langsung maupun tidak langsung berbagi pengetahuan dan inovasi produk terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati.
Populasi penelitian ini adalah pemilik usaha pada Sentra Industri Rajut Binong Jati. Metode penentuan sampel dengan menggunakan metode stratified propotional random sampling. Data penelitian menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan jurnal.
Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang pengrajin.
Hasil temuan menunjukkan bahwa pengaruh berbagi pengetahuan terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati melalui inovasi produk yaitu sebesar 34,63%. Sedangkan pengaruh inovasi produk terhadap ketahanan organisasi pada Sentra Industri Rajut Binong Jati melalui berbagi pengetahuan adalah sebesar 37,13%.
Description
Keywords
berbagi pengetahuan, inovasi produk, ketahanan organisasi