ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DANA TABUNGAN PADA PT. BANK MANDIRI CABANG BANDUNG M. TOHA
No Thumbnail Available
Date
2015-01-17
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peluang dan ancaman Bank Mandiri Cabang
M. Toha dalam menghimpun dana tabungan, mengetahui keunggulan dan kelemahan Bank
Mandiri Cabang M. Toha dalam menghimpun dana tabungan dan untuk mengetahui strategi
pemasaran berdasarkan posisi bersaing Bank Mandiri Cabang M. Toha.
Metode yang digunakan adalah deskriptif. Variabel independen dari penelitian ini adalah
faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan, posisi serta jenis usaha dan implementasinya
terhadap strategi perusahaan yang berdaya saing. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis SWOT dan balanced scorecard.
Analisis faktor eksternal maka Peluang Bank Mandiri Cabang M. Toha adalah Peningkatan
pertumbuhan tahunan dana murah sebesar 13,9%, Pertumbuhan kredit mencapai 21,5%, Bank
Mandiri memilki pangsa pasar yang luas di Jawa Barat dan Indonesia dan Meningkatnya
pertumbuhan di sektor infrastruktur. Análisis faktor internal maka kekuatan Bank Mandiri
Cabang M. Toha adalah Produk perbankan yang ditawarkan beragam, Brand Image Bank
Mandiri Cabang M. Toha baik dimata nasabah. Strategi pemasaran berdasarkan posisi
bersaing Bank Mandiri Cabang M. Toha terdiri dari 4 strategi utama yaitu kepada perspektif
keuangan, perspektif konsumen, perspektif internal, dan perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran.
Kata Kunci : SWOT, Balanced Scorecard, Bank Mandiri
ABSTRACT
This study aims to identify opportunities and threats to the Bank Mandiri M. Toha branch in
mobilizing savings fund, knowing the advantages and disadvantages of Bank Mandiri M.
Toha branch in savings and raise funds to find a marketing strategy based on the competitive
position of the Bank Mandiri M. Toha branch.
The method used is descriptive. The independent variables of this study are factors internal
and external company, position and type of business and the implementation of the
competitive strategy of the company. The analytical method used is SWOT analysis and
balanced scorecard.
Analysis of external factors, the Opportunity Bank Mandiri M. Toha branch is cheap funds
Increasing annual growth of 13.9%, loan growth was 21.5%, the bank has an extensive
market share in West Java and Indonesia and Increased growth in the infrastructure sector.
Analysis of internal factors, the strength of the Bank Mandiri M. Toha branch are offered a
variety of banking products, Brand Image Bank Mandiri M. Toha branch both in the eyes of
customers. Marketing strategies based on the competitive position of the Bank Mandiri M.
Toha branch consists of 4 main strategies Financial Perspectives, Internal Business Process,
Customer Perspective, Learning and Growth.
Keyword : SWOT, Balanced Scorecard, Bank Mandiri
Description
Keywords
SWOT, Balanced Scorecard, Bank Mandiri