HUBUNGAN TINGKAT KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA MAHASISWADENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI D4 KEBIDANAN FK UNPAD

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah metodologi penelitian adalah pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Dalam proses pembelajaran, siswa dituntut keaktifannya karena belajar memang merupakan suatu proses aktif dari siswa dalam membangun pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat keaktifan dengan hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian mahasiswa Program Studi D4 Kebidanan FK UNPAD. Penelitian ini merupakan penelitian analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa D4 Kebidanan FK UNPAD. Sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa D4 Kebidanan FK UNPAD angkatan 18 A Tahun Ajaran 2012-2013 sebanyak 31 orang. Data diperoleh dari kuesioner dan data sekunder dari catatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan 58,1% (18 orang) memiliki tingkat keaktifan siswa yang sedang pada mata kuliah metodologi penelitian. Paling banyak responden yaitu 45,2% (14 orang) memiliki nilai B pada hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian. Dapat diketahui koefisien korelasi sebesar 0,676 termasuk pada kategori kuat menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat keaktifan siswa dengan hasil belajar dalam proses pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah siswa memiliki tingkat keaktifan yang sedang. Paling banyak responden memiliki nilai B dan terdapat hubungan yang positif antara tingkat keaktifan siswa dengan hasil belajar dalam proses pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian.

Description

Keywords

hasil belajar, tingkat keaktifan, Tidak ada keyword

Citation

Collections