POLA ATENSI PADA ANAK DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) TIPE-C CILEUNYI
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Abstrak
Latar Belakang:Atensi adalah proses secara aktif terjadi pengambilalihan
pikiran terhadap suatu informasi. Atensi merupakan faktor terpenting dalam perkembangan
dan proses belajar. Pada anak dengan disabilitas intelektual (DI), terjadi
penurunan fungsi kognitif yang mengakibatkan terjadinya penurunan atensi. Epilepsi
merupakan penyakit yang sering ditemukan pada penyandang DI. Gangguan pada
atensi merupakan faktor terbesar dalam kegagalan akademik pada anak. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pola atensi pada anak SLBN Tipe-C Cileunyi.
Metode
:Penelitian deskriptif kuantitatif potong
lintang menggunakan data primer. Data yang diambil secara total samplingmenggunakan Zoo
Runner Task selama September-November 2018 terhadap murid SLBN Tipe-C Cileunyi
yang merupakan penyandang DI dan dapat memahami perintah. Penyandang autisme merupakan
kriteria eksklusi.
Hasil : Terdapat 12 anak DI dan 8 anak DI dengan epilepsi.Median
skor keseluruhan data adalah 1,5 dengan median skor omisi sebesar 1,5 dan
komisi 0,5. Skor median pada usia 6-9 tahun adalah 3,5, pada 10-13 tahun adalah
6,5, pada 14-16 tahun 0, dan pada 17-19 tahun adalah 0,5. Skor median berdasarkan
kemampuan berbahasa ekspresif adalah 1,5 bagi yang lancar dan 4 bagi yang
belum. Pada populasi DI dengan epilepsi skor yang didapatkan adalah 0,5 dan 1,5
pada penyandang DI saja. Skor median pada jenis bangkitan umum bernilai 4
sedangkan pada jenis bangkitan parsial bernilai 1,5.
Simpulan:Terjadi penuruan atensi
pada anak dengan DI dengan kesalahan terbanyak pada omisi. Epilepsi tidak
memperburuk perfoma subjek pada penelitian ini, namun dari jenis bangkitannya,
bangkitan umum lebih cenderung menurunkan atensi dibanding bangkitan parsial.
Kata Kunci:Anak,
atensi, disabilitas intelektual, epilepsi
Description
Keywords
Anak, atensi, disabilitas intelektual