EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN AKHIR PROGRAM DENGAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) DI PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKES AISYIYAH BANDUNG

Abstract

Peningkatan kompetensi bidan menjadi isu penting dalam penilaian kualitas lulusan kebidanan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar harus memperhatikan keseluruhan aspek yang akan diukur agar mampu menggambarkan dengan tepat sasaran yang dituju. Capaian pembelajaran mahasiswa kebidanan cenderung rendah dan tidak sesuai dengan harapan. Pada pelaksanaan kegiatan ujian akhir program (UAP) terdapat kesenjangan antara tujuan kegiatan dengan target kelulusan yang seharusnya mencapai 100% tetapi capaian nilai hanya 80%. Model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP) diharapkan bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui komponen pelaksanaan UAP yang perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan ujian akhir program (UAP) di Prodi DIII Kebidanan Stikes ‘Aisyiyah Bandung. Rancangan penelitian menggunakan desain kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan strategi studi kasus. Subjek penelitiannya berjumlah 10 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi dilakukan mulai bulan Juni-Agsutus 2015. Analisis data meliputi proses transkripsi, reduksi, koding, kategori dan penentuan tema. Hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan UAP dari komponen context terdiri dari kejelasan tujuan instruksional dan suasana akademik.Komponen input terdiri manajemen anggaran, kompetensi dosen penguji, pemahaman konsep evaluasi, validitas dan reliabilitas soal. Komponen process terdiri dari motivasi mahasiswa, alokasi waktu ujian, faktor penghambat dan kedisiplinan mahasiswa. Komponen product terdiri capaian hasil ujian. Pelaksanaan UAP di Prodi D-III Kebidanan Stikes ‘Aisyiyah Bandung belum berjalan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan dalam petunjuk pelaksanaan UAP. Komponen yang memengaruhi pelaksanaan UAP sangat komplek yang terdapat pada semua komponen mulai dari context, input, process dan product. Perbaikan pada seluruh komponen sangat diperlukan untuk perbaikan pelaksanaan UAP serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusan.

Description

Keywords

EVALUASI PROGRAM, MODEL CIPP, UJIAN AKHIR PROGRAM

Citation

Collections