PENGEMBANGAN APLIKASI GAME 2D PLATFORMER ADVENTURE DENGAN TEMA COVID-19 MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE
No Thumbnail Available
Date
2023-09-25
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Zaman terus berkembang dan begitu juga hiburan. Salah satu hiburan yang diminati dan selalu berkembang sekarang adalah video game. Perkembangan ini menjadikan video game salah suatu media yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Salah satu pengaplikasiannya adalah sebagai media informasi untuk meningkatkan awareness mengenai COVID-19. Penelitian bertujuan untuk dapat membangun video game sebagai media peningkatan awareness terhadap COVID-19.
Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memanfaatkan Game Development Life Cycle (GDLC) dalam tahapan pengembangannya. Metode GDLC memiliki 4 tahapan yaitu, preproduction, production, testing, dan postproduction. Pada tahap preproduction dibuat konsep, kemudian pada tahap production konsep diimplementasikan, kemudian tahap testing hasil produk diuji kelayakannya, dan terakhir tahap ¬postproduction dilakukan dokumentasi dan perawatan produk. Penggunaan metode GDLC dalam pengembangan video game dapat meningkatkan kualitas video game yang dihasilkan.
Hasil penelitian yang didapat melalui beta testing dengan menggunakan metode heuristic evaluation playability sebesar 83%, dengan nilai aspek masing-masing yaitu aspek gameplay 83,2%, game story 82,8%, mechanic 82,5%, dan usability 85%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video game yang dibangun memiliki nilai sangat baik.
Description
Keywords
GDLC, COVID-19, Unity