Manajemen Distribusi Bahan Baku yang Optimal di Perusahaan UKM Dengan Sistem Outlet Take Away (Studi Kasus pada Perusahaan Chocolate Changer Area Bandung)

Abstract

Manajemen distribusi merupakan konsep penting bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan kinerja operasional perusahaan. Menjadi bagian penting dalam manajemen rantai pasok, penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi dan menginvestigasi manajemen distribusi bahan baku perusahaan yang bergerak di industri pengolahan spesifik pada pengolahan makanan dan minuman. Perusahaan membutuhkan manajemen distribusi yang baik agar dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Selanjutnya akan dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Untuk menginvestigasi performa manajemen distribusi perusahaan dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya kinerja manajemen distribusi perusahaan, kemudian mengukur kinerja perusahaan menggunakan Balance Score Card (BSC), dan akhirnya menentukan jalur distribusi yang optimal pada perusahaan. Temuan menunjukkan bahwa ada 6 faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya kinerja manajemen distribusi pada perusahaan. Sedangkan pengukuran kinerja dengan BSC menunjukkan pada proses bisnis internal masih perlu untuk dievaluasi karena masih mengalami kinerja yang kurang baik. Salah satu cara untuk memperbaiki kinerja dalam proses bisnis internal tersebut adalah dengan menentukan jalur distribusi yang optimal.

Description

Keywords

Manajemen distribusi, Diagram Fishbone, Balanced Score Card

Citation