PENGARUH KOGNITIF SOSIAL TERHADAP RETENSI PELANGGAN MELALUI KETERLIBATAN PELANGGAN FOOD E-COMMERCE PADA KONDISI PASCAPANDEMI COVID-19

Abstract

Kondisi new normal mengakibatkan perubahan perilaku berbelanja pada masyarakat dengan mulainya konsumen beralih ke peritel fisik. Berdasarkan fenomena tersebut maka perusahaan perlu mempertahankan pelanggan agar tetap melakukan kegiatan belanja daring. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis karakteristik pelanggan food e-commerce bahan makanan siap masak dan katering sehat pada kondisi pascapandemi, (2) menganalisis seberapa besar pengaruh efikasi diri, nilai yang dirasakan, kualitas produk yang dirasakan, kualitas konten online terhadap keterlibatan dan pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap retensi pelanggan. Data dikumpulkan dari 300 pelanggan e-commerce bahan makanan siap masak dan katering sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelanggan didominasi oleh perempuan, golongan usia dewasa muda, domisili Bandung dan Jakarta, pendidikan terakhir sarjana, pekerjaan sebagai pekerja swasta, dan penghasilan lebih dari Rp10.000.000. Terdapat pengaruh kualitas konten online dan nilai yang dirasakan terhadap keterlibatan pelanggan. Keterlibatan pelanggan memberikan pengaruh yang nyata terhadap retensi pelanggan

Description

Keywords

Kognitif sosial, Retensi Pelanggan, Keterlibatan Pelanggan

Citation