Minat Konsumen dan Produsen Usaha Bakeri dalam Penggunaan Kemasan Hijau (Green Packaging)

Abstract

Kemasan Hijau (green packaging) dapat menjadi solusi dari permasalahan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh timbulan sampah plastik akibat dari kemasan usaha bakeri, namun minat usaha bakeri untuk menggunakannya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keadaan penggunaan green packaging pada produsen dan konsumen bakeri; (2) Mendeskripsikan besarnya minat produsen dan preferensi konsumen dalam penggunaan green packaging; (3) Menentukan faktor-faktor terpenting pada minat produsen dalam penggunaan green packaging; (4) Menentukan faktor-faktor terpenting yang mendasari minat konsumen dalam penggunaan green packaging. Untuk itu digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis faktor. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Indramayu pada Februari – Mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan green packaging pada produsen masih rendah, yaitu hanya 25,00% untuk produk roti dan 15,00% untuk produk kue bolu, sebagian besar lainnya masih menggunakan kemasan plastik jenis yang belum ramah lingkungan. Green packaging yang digunakan adalah kemasan yang berbahan dasar kertas berupa kantong kertas untuk roti dan box karton untuk produk kue bolu. Konsumen lebih menyukai kemasan yang berbahan dasar kertas daripada kemasan plastik, yaitu sebanyak 83,00% untuk produk roti dan 68,00% untuk produk kue bolu. Berdasarkan hasil penilaian, produsen cukup berminat menggunakan green packaging. Sedangkan konsumen sangat berminat menggunakan green packaging. Faktor terpenting berdasarkan penilaian produsen dalam minat produsen menggunakan green packaging adalah keterjangkauan harga, kebersihan, dan daya tarik visual. Sedangkan bagi konsumen adalah kebersihan, manfaat bagi lingkungan, dan keterjangkauan harga.

Description

Keywords

Minat, Konsumen, Produsen

Citation