Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Cabai Berupa Sambal Instan di Kecamatan Andir Kota Bandung
No Thumbnail Available
Date
2023-10-10
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Produk olahan cabai menjadi pilihan masyarakat Kota Bandung didukung
oleh gaya hidup yang menginginkan segala sesuatu dalam bentuk praktis, instan,
dan mudah untuk digunakan, tanpa harus memakan waktu yang lama. Salah satu
olahan cabai yang telah berkembang saat ini adalah produk sambal instan. Dalam
mengonsumsi produk, konsumen secara tidak langsung memerhatikan kualitas
dari makanan yang akan dikonsumsi, hal itu disebut juga preferensi konsumen.
Penelitian ini bertujuan guna melihat preferensi konsumen terhadap atribut harga,
rasa, kemasan, ukuran, dan variasi produk sambal instan dan mengetahui urutan
atribut produk sambal instan berdasarkan tingkat kepentingan menurut preferensi
konsumen di Kecamatan Andir Kota Bandung. Penelitian ini menerapkan metode
kuantitatif deskriptif dengan teknik survei berjenis kuesioner yang disebarkan
pada 120 responden di Kecamatan Andir Kota Bandung. Teknik analisis data
yang diterapkan yakni analisis konjoin. Penelitian menunjukkan hasil bahwa
kombinasi atribut produk yang paling banyak diminati oleh responden adalah
produk sambal instan dengan variasi sambal terasi, harga kurang dari Rp30.000,
ukuran > 250 gr (ukuran besar), kemasan jar, dengan rasa pedas sedang dan
tingkat kepentingan atribut dari nilai tertinggi hingga terendah yakni atribut
variasi, atribut harga, atribut ukuran, atribut rasa, dan terakhir atribut kemasan
Description
Keywords
preferensi konsumen, analisis konjoin, produk olahan cabai