PERBEDAAN KEPARAHAN TRAUMA MANDIBULA PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR PENGGUNA HELM HALF FACE DAN TANPA PENGGUNAAN HELM BERDASARKAN MANDIBLE INJURY SEVERITY SCORE (MISS)
No Thumbnail Available
Date
2021-01-11
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Latar Belakang
Tingginya persentase penggunaan helm half face menempatkan mandibula
pada resiko fraktur yang tinggi saat kecelakaan sepeda motor. Bentuk anatomis dan
posisi mandibula menjadiknya lebih sering mengalami fraktur. Tujuan penelitian
ini untuk melihat perbandingan keparahan trauma mandibula pada penegendara
sepeda motor pengguna helm half face dan tanpa penggunaan helm berdasarkan
Mandible Injury Severity Score (MISS).
Metode
Penelitian ini merupakan penelitian prospektif cross-sectional pada 60
subjek penelitian di Unit Gawat Darurat RS Hasan Sadikin Bandung antara bulan
Juli 2019 – February 2020. Data dianalisis dengan uji mann whitney, untuk melihat
keparah trauma mandibula pada penggunaan helm half face dan tanpa penggunaan
helm berdasarkan MISS.
Hasil
Dari 60 subjek kecelakaan dengan sepedamotor 58,3% berusia 0,05) tidak berbeda secara signifikan.
Kesimpulan
Pengendara yang menggunakan helm half face dan tidak menggunakan
helm memiliki reisiko trauma mandibular yang tidak berbeda secara statistik (p >
0,05) berdasarkan Mandible Injury Severity Score (MISS). Helm half face tidak
memeberikan perlindungan terhadap mandibula, karena hanya mencegah cedera
bagian tengah dan atas, namun tidak mencegah cedera wajah bagian bawah.
Pengguna sepeda motor sebaiknya menggunakan helm full face untuk mencegah
fraktur mandibular saat terjadinya kecelakan lalulintas
Description
Keywords
MISS, trauma mandibula, helm half face