Akses Layanan Keuangan Perbankan Tanpa Kantor (Branchless Banking) Pada Bank BRI di Kabupaten Bengkalis

Abstract

Bank BRI sebagai layanan jasa keuangan perbankan membutuhkan dana yang diambil dari masyarakat untuk memperoleh suatu keuntungan ataupun laba. Untuk meningkatkan pemerataan dan keuntungan dari bank BRI, maka Bank BRI mengeluarkan program BRILink dengan tujuan dapat membantu masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan. Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu daerah yang memiliki laku pandai dari Bank BRI sebagai jasa keuangan perbankan tanpa kantor yang melibatkan agen sebagai pihak ketiga atau sebagai perpanjangan tangan Bank BRI untuk menciptakan program yang lebih sederhana, mudah dipahami dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Berjumlah 198 total agen yang tersebar di seluruh kabupaten bengkalis yang tersebar dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten bengkalis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akses layanan keuangan perbankan tanpa kantor (Branchless Banking) di Kabupaten Bengkalis, melalui tiga aspek permasalahan yakni ketersediaan, biaya dan kualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran BRILink membantu Masyarakat jika adanya penambahan dalam jumlah agen yang tersebar dan memperhatikan kualitas yang telah di lakukan oleh BriLink dan Bank BRI sebagai penyedia jasa perbankan.

Description

Keywords

Bank BRI, Branchless Banking, Laku Pandai

Citation