Efektivitas Pengadaan Blangko Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Sukabumi

Abstract

Perencanaaan yang matang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi tidak membuat rencana pengadaan blangko yang terperinci termasuk estimasi anggaran, jadwal pengadaan, dan proses evaluasi pemasok atau produsen blangko dikarenakan semua bergantung pada ketersediaan pusat. Kejelasan strategi pencapaian tujuan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dapat selesai dalam satu hari apabila ketersediaan stock yang dikirimkan dari pusat tersedia, namun ada masyarakat yang harus menunggu sampai satu minggu bahkan ada yang menunggu sampai hampir sebulan. Pelaksana yang efektif dan efisien, tidak memiliki tim pengadaan yang terampil dan terlatih yang dapat melaksanakan tugas dengan efektif dan efisien termasuk menjalin hubungan yang baik dengan pemasok atau produsen blangko, mengoordinasikan pengiriman blangko, dan memastikan penggunaan blangko sesuai dengan kebutuhan. Proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, dengan melakukan pengadaan blangko yang bergantung ketersediaan dari pusat, padahal masyarakat selalu menginginkan pelayanan publik yang lebih profesional, efektif dan efisien, serta sederhana, transparan dan terbuka.

Description

Keywords

Pengadaan, Blangko, Kependudukan

Citation